SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Bermuatan Ayat Al Quran pada Materi Hak Asasi Manusia (HAM) untuk Kelas X Madrasah Aliyah

Edy Rachmad Jaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmad Jaya, Edy. 2017. Pengembangan Modul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Bermuatan Ayat Al Quran pada Materi Hak Asasi Manusia (HAM) untuk Kelas X Madrasah Aliyah . Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial. Dosen Pembimbing: (I) Dr.Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si (II) Dr.Siti Awaliyah, S.Pd., M.Hum

 

Kata Kunci: Pengembangan, Modul bermuatan ayat Al Qur’an.

 

Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 angka 1, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana berlajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pada pasal 2 juga diamanatkan bahwa pendidikan nasional berakar pada nilai-nilai agama.

Modul bermuatan Ayat Al Qur’an adalah modul pembelajaran yang berisi materi PPKn yang dipadukan dengan kajian dari Al Quran dan Sunnah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) bermuatan ayat Al Quran pada materi Hak Asasi Manusia (HAM) untuk kelas X Madrasah Aliyah.

Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develope, dan dissaminate. Namun, penelitian ini sampai tahap develope untuk menjaga efektifitas waktu. Validasi perangkat dilakukan oleh validator ahli media, dosen ahli materi, dan uji keterbacaan oleh siswa. Validasi oleh ahli dan uji keterbacaan oleh siswa ditujukan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran. Data kualitatif diperoleh melalui pengisisan kritik dan saran dari ahli. Hasil validasi modul oleh dosen ahli media menunjukkan kriteria valid dengan skor79%, hasil validasi modul oleh dosen ahli materi mrenunjukkan kriteria sangat valid dengan skor 93% dan uji keerbacaan siswa dengan kriteria sangat valid dengan skor 94%. Produk akhir dari pengembangan ini berupa modul dengan muatan Ayat Al Qur’an dan Hadits yang disesuaikan dengan Materi Hak Asasi Manusia.