SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Pemerintahan Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri

Tika Alif Ayolanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Ayolanda, Tika Alif. 2017. Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Pemerintahan Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si, Pembimbing (II) Drs. Margono, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Pelayanan Publik, Pemerintahan

 

Ukuran kinerja pemerintah dapat dilihat dari kinerjanya dalam menyelenggarakan pelayanan publik karena pelayanan publik menjadi tanggung jawab pemerintah. Masyarakat sebagai pelanggan dari pelayanan publik, memiliki kebutuhan dan harapan pada kinerja penyelenggara pelayanan publik yang profesional. Dengan demikian, perlu dilakukan upaya perbaikan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik secara berkesinambungan demi mewujudkan pelayanan publik yang prima.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pelayanan publik apa saja yang ada di Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri; (2) kualitas pelayanan publik di Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri; dan (3) persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik pemerintahan Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri.

Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini, peneliti sebagai instrumen utama. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah Sekretaris Desa, kepala bagian administrasi pelayanan publik dan dilihat dari orang yang paling mengerti mengenai pelayanan publik di Desa Purwoasri yaitu Ibu Isa Safitri selaku Kepala Seksi Pemerintahan, dan warga yang mengurus kepentingan di Desa Purwoasri. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh dari hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian bahwa di Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri pelayanan publik yang tersedia, yaitu pelayanan administrasi meliputi formulir atau surat pengantar mengurus KTP, formulir atau surat pengantar mengurus KK, surat keterangan pindah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan lahir, surat keterangan kematian, surat pengantar SKCK, surat keterangan belum menikah, surat keterangan domisili, surat keterangan usaha, surat akta jual beli tanah, dan surat hibah; pelayanan barang meliputi Raskin, BLT; pelayanan jasa meliputi penyalur kredit usaha rakyat. Kualitas secara umum kinerja pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan pubik di Desa Purwoasri sudah baik dapat dilihat dari beberapa indikator pelayanan publik yaitu : 1) Reliability atau keandalan aparatur desa sudah baik 2) Tangibles atau produk fisik sarana prasarana belum baik 3) Responsiveness atau daya tanggap aparatur desa sudah baik 4) Assurance atau keyakinan aparatur desa sudah cukup baik 5) Empathy atau empati aparatur desa sudah baik. Kemudian untuk Persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik pemerintahan Desa Purwoasri mulai dari prosedur pelayanan publik tidak berbelit-belit dan sederhana, informasi kejelasan pelayanan publik dilayani dengan baik, untuk biaya pelayanan publik sudah tidak ada biaya atau gratis, jadwal kerja dan waktu penyelesaian sudah tepat dengan yang dijanjikan, mengenai sarana dan prasarana yang tidak memadai, tidak adanya ruang tunggu, tidak ada nomor antrian, tidak ada pembagian ruang pelayanan yang akhirnya tidak dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan. Kemudian keandalan, keahlian, keramahan, kedisiplinan, dan tanggung jawab sudah memenuhi pelayanan yang baik.

Saran yang diberikan oleh peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain: bagi pemerintah Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri sebaiknya lebih mengembangkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kebutuhan dan pelaksanaan kerja sehari-hari agar dapat berjalan secara efektif, efisien, dan berkesinambungan. Perilaku pegawai harus tetap mendapatkan perhatian dan pengawasan agar tidak menyalahi aturan yang berlaku dan menjadi budaya organisasi yang baik untuk menumbuhkan citra instansi. Bagi masyarakat Desa Purwoasri Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri sebagai penerima layanan sebaiknya mendorong partisipasi dalam menilai kinerja penyelenggaraan pelayanan publik agar proses pelayanan publik dapat berjalan dengan tepat dan baik. Bagi aparatur desa atau pegawai di kantor administratif pelayanan publik Desa Purwoasri sebaiknya dapat mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik agar prinsip-prinsip pelayanan publik dapat terlaksana dengan baik dan tepat, serta aparatur desa sebaiknya menjaga perilaku keteladanan agar menjadikan aparatur desa sebagai panutan dan contoh masyarakat.