SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN PEMERINTAH DESA DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA SAWAHAN KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK

Ema Riana Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Riana Ema. 2017. Peran Pemerintah Desa dan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si. (II) Dr. Sutoyo, SH., M.Hum.

 

Kata Kunci: Peran, Pemerintah Desa, Masyarakat, Desa Wisata

 

Suatu desa wisata dengan berbagai potensi yang ada jika dikembangkan dengan baik dapat dijadikan sebagai sarana untuk mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan dalam pengembangan desa wisata tentunya tidak lepas dari peran pemerintah desa dan masyarakat. Salah satu contoh pengembangan desa wisata yang sedang dilakukan sejak 2 (dua) tahun yang lalu dan tidak lepas dari peran pemerintah desa dan masyarakat adalah pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui program dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, (2) untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, (3) untuk mengetahui peran masyarakat dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, (4) untuk mengetahui faktor pendukung dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, (5) untuk mengetahui faktor penghambat dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, dan (6) untuk mengetahui cara mengatasi hambatan dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi langsung ke lapangan dan dokumentasi-dokumentasi yang berada di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah penjodohan pola. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan pengecekan data dengan cara sebagai berikut keikutsertaan ketekunan dan triangulasi.

Hasil penelitian diketahui : (1) program dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek ada 6 (enam) yaitu: program paket wisata, program kebersihan lingkungan, program pengolahan pupuk organik dari sampah dapur, program sayur organik, program edukasi stek durian, dan program festival durian. (2) Peran Pemerintah Desa dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan meliputi sosialisasi, pendukung, mengontrol, promosi, dan mengevaluasi.  (3) Peran Masyarakat dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan meliputi perencanaan, pelaksanaan, promosi, serta ramah-tamah dan gotong royong. (4) Faktor pendukung dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan meliputi hasil potensi desa, partisipasi masyarakat, dukungan pemerintah desa, sinergi pemerintah desa dan masyarakat, dan modal sosial masyarakat. (5) Faktor penghambat dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan meliputi partispasi masyarakat, pendanaan, dan wisata kebun durian yang bersifat musiman. (6) Cara mengatasi hambatan dalam pengembangan desa wisata di Desa Sawahan yaitu pemerintah desa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pengembangan desa wisata, masyarakat sebagai pengelola pengembangan desa wisata mengajukan proposal ke BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Trenggalek, dan pemanfaatan potensi desa lainnya yang ada dan yang musim agar tidak tergantung dengan musim durian dan pengembangan desa wisata di Desa Sawahan tetap berjalan.

Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian antara lain: (1) Kepada Pemerintah Desa Sawahan : Agar masyarakat terlibat dalam setiap kegiatan desa wisata di Desa Sawahan, sebaiknya Pemerintah Desa Sawahan mengadakan kegiatan rutin seperti kerja bakti yang sifatnya gotong royong untuk membersihkan area desa wisata dan sekaligus sebagai sarana diskusi untuk membahas program pengembangan desa wisata di Desa Sawahan antara pemerintah desa dan masyarakat karena selama ini partisipasi masyarakat masih perlu ditingkatkan. (2) Kepada Masyarakat Desa Sawahan : Agar potensi desa di Desa Sawahan dapat berkembang, sebaiknya seluruh golongan masyarakat dari petani, wiraswasta, maupun PNS terlibat dalam kegiatan desa wisata mulai dari perencanaan sampai evaluasi karena mereka yang paling memahami mengenai potensi apa yang ada di Desa Sawahan. Pengembangan desa wisata di Desa Sawahan ini adalah dari, oleh, dan untuk masyarakat. (3) Kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek : Agar kesejahteraan masyarakat di Desa Sawahan terus meningkat dengan adanya program pengembangan desa wisata, sebaiknya peran pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Trenggalek perlu ditingkatkan. Khususnya dalam hal pendanaan, karena pendanaan akan digunakan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada sehingga menunjang pengembangan desa wisata.