SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemitraan PT Indana Paint, Mahasiswa UMM dan Masyarakat dalam Mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang

KARTIKA ROHANA SIMANUNGKALIT

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohana, Kartika. 2017 Kemitraan PT Indana Paint, Mahasiswa UMM dan Masyarakat dalam Mengembangkan Kampung Wisata Jodipan Kota Malang. Jurusan Hukum Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sri Untari M.Si (2) Dr. Sutoyo, S.H, M.Hum

 

Kata Kunci: Kemitraan, Kampung Wisata Jodipan Kota Malang, Indana Paint, Mahasiswa UMM (Guyspro), Masyarakat.

Kota Malang terkenal sebagai Kota Pendidikan, tidakhanya itu Kota Malang kaya akan berbagai jenis destinasi wisata.Salah satunya ialah Kampung Wisata Jodipan (KWJ)yang baru -baru ini menarik perhatian banyak masyarakat khususnya masyarakat Kota Malang.Kampung  Jodipanmerupakan salah satu kampung kumuh di Kota Malang, menariknya kampung kumuh ini telah resmi menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Malang.Haltersebut berkat kreasi dari tangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok Guys of Public Relation (Guyspro) sedang menyelesaikan salah satu tugas kuliah yaitu public relation .Dalam menyelesaikan proyek ini mahasiswa mengandeng salah satu perusahaan cat tertua di Kota Malang yaitu PT. Indana Paint dikenal dengan nama decofresh bersama dengan masyarakat Kampung Jodipan.Hingga resminya kampung ini menjadi icon wisata baru di Kota Malang akhirnya terbentuklah kemitraan antara PT. Indana Paint bersama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Masyarakat dalam upaya mengembangkan Kampung Wisata Jodipan ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa informan dan data sekunder dari dokumen yang diperoleh dari lokasi penelitian maupun dari daftar pustaka lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa hasil dokumentasi dan wawancara dengan berbagai macam informan yaitu penasehat KWJ, ketua koordinator  KWJ,  manager indana paint, mahasiswa umm, masyarakat KWJ dan pengunjung. Kegiatan analisis data dengan dilakukan dengan penjodohan pola, pembuatan eksplanasi dan analisis deret waktu. Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pengecekan data dengan cara uji credibility danujidependability.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu, (1) Pengelolaan yang dilakukan dengan pembagian beberapa peran dari berbagai pihak diantaranya PT. Indana Paint berperan sebagai donatur penyalur danaCorporate Social Responbility (CSR), Mahasiswa UMM berperan sebagai konsultan public relation atau sebagai master plandan Masyarakat sebagai agen pelaksana dilapangan yang bertugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Pengelolaan dengan menentukan harga dimuali dari tiket masuk sebesar Rp. 2000 dan parkir sebesar Rp.2000, dari pemasukan yang didapat akan disetorkan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) sebesar Rp.500.000per bulan danbagi petugas mendapatkan 20% dari hasil penjualan tiket masuk. (2) Model kemitraan yang berlangsung adalah kemitraan mutualistik dilengkapi dengan perjanjian berbentuk Memorandum Of Understanding (MOU).(3) Kendala dalam pelaksanaan pengelolaan Kampung Wisata Jodipan yaitu kurangnya dana untuk pengembangan Kampung Wisata Jodipan dan kurangnya lahan akibat tidak strategisnya lokasi parkir yang ada di Kampung Wisata Jodipan. (4) Untuk mengatasi kendala beberapa cara ditempuh dimulaidengan membuat proposal untuk diajkuan pada perusahaan swasta di Kota Malang untuk memenuhi dana dan mengajukan permohonan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) untuk dicarikan lahan atau tempat parkir bagi pengunjung Kampung Wisata Jodipan.

 

Saran yang diberikan oleh peneliti setelah melakukan penelitian  ini antara lain : (1) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan pengetahuan melalui beberapa pendekatan mengenai kemitraan kepada masyarakat. (2) Pengurus menghubungi pihak Pemerintah Kota Malang dan menggandeng Pemerintah Kota Malang dalam upaya mengembangkan Kampug Wisata Jodipan. (3) Melakukan pelatihan di bidang kesenian dan informatika kepada masyarakat.