SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn dengan Menggunakan Media Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Siswakelas XII-MIA di SMAN 01 Turen Kabupaten Malang

Adam Ashari Rachmadsyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmadsyah, Adam Ashari. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn dengan Menggunakan Media Lectora Inspire pada Siswa Kelas XII-MIA di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.  Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd, M.Si , (II) Siti Awaliyah, S.Pd., M.Hum.

 

Kata Kunci : perbedaan hasil belajar, lectora inspire, power point, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Media pembelajaran yang sering digunakan di SMA Negeri 1 Turen saat pembelajaran PPKn hanya menggunakan media power point sebagai salah satu media pembelajaran. Ketika penyampaian materi pelajaran PPKn berlangsung, guru masih menyampaikan materi pelajaran dengan ceramah, mencatat, dan tugas. Sehingga suasana pembelajaran PPKn menjadi kurang baik dan peserta didik juga banyak yang ramai dan tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi. Oleh karena itu guru membutuhkan inovasi pembelajaran agar para siswa menjadi bersemangat, mempunyai motivasi untuk belajar, dan antusias menyambut pelajaran di sekolah. Salah satunya adalah media pembelajaran lectora inspire.

Tujuan penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII-MIA pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Turen dengan menggunakan media pembelajaran lectora inspire; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII-MIA pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Turen dengan menggunakan media pembelajaran power point; (3) untuk membuktikan adanya perbedaaan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran lectora inspiredengan kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran power pointpada kelas XII-MIA.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental).  Subjek penelitian ini adalahkelas XII-MIA 4 dan kelas XII-MIA 5 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Instrumen penelitian adalah tes obyektif berupa pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1)hasil belajar awal siswa kelas XII-MIA yang menggunakan media lectora inspire dalam pembelajaran PPKn memiliki nilai tertinggi 85, nilai terendah 60, rata-rata hitung (mean) 70,00, simpangan rata-rata 9,23. Dapat diketahui jumlah siswa yang masuk kategori tinggi sebanyak 0 siswa (0%), kategori sedang sebanyak 10 siswa (29%), kategori rendah sebanyak 24 siswa (71%). Sedangkan hasil belajar akhir siswa kelas XII-MIA yang menggunakan media lectora inspire dalam pembelajaran PPKn memiliki nilai tertinggi 95, nilai terendah 70, rata-rata hitung (mean) 81,76 simpangan rata-rata 7,70. Dapat diketahui jumlah siswa yang masuk kategori tinggi sebanyak 10 siswa (30%), kategori sedang sebanyak 12 siswa (35%), kategori rendah sebanyak 12 siswa (35%).  Sedangkan selisih rata-rata hasil prestasi awal siswa dengan prestasi akhir siswa sebesar 11,76; (2) hasil belajar awal siswa kelas XII-MIA yang menggunakan media power point dalam pembelajaran PPKn memiliki nilai tertinggi 95, nilai terendah 60, rata-rata hitung (mean) 75,00 simpangan rata-rata 8,19. Dapat diketahui jumlah siswa yang masuk kategori tinggi sebanyak 2 siswa (6%), kategori sedang sebanyak 8 siswa (25%), kategori rendah sebanyak 22 siswa (69%). Sedangkan hasil belajar akhir siswa kelas XII-MIA yang menggunakan media power point dalam pembelajaran PPKn memiliki nilai tertinggi 90, nilai terendah 70, rata-rata hitung (mean) 80,62, simpangan rata-rata 5,48. Dapat diketahui jumlah siswa yang masuk kategori tinggi sebanyak 5 siswa (16%), kategori sedang sebanyak 17 siswa (53%), kategori rendah sebanyak 10 siswa (31%).  Sedangkan selisih rata-rata hasil prestasi awal siswa dengan prestasi akhir siswa sebesar 5,62; (3) Ada perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran lectora inspire dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini dibuktikan dengan uji-t yang dilakukan peneliti untuk hasil belajar siswa menunjukkan nilai 0,69 yang berarti t hitung> 0,05, dimana hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media lectora inspire dan media power point.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diajukan adalah; (1) bagi guru, diharapkan mampu memperhatikan dan mempertimbangkan pengorganisasian waktu dalam penerapan media pembelajaran Lectora Inspire; (2) bagi peserta didik, peneliti menyarankan agar siswa lebih berani dalam menyampaikan pendapatnya dan lebih aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung maupun saat diskusi kelompok.