SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERILAKU BELAJAR PPKn DENGAN MENGGUNAKAN GADGET SISWA SMA NEGERI 6 MALANG

Mayrina Ratu Dwijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwijayanti, Mayrina Ratu. 2017. Perilaku Belajar PPKn Dengan Menggunakan                Gadget Siswa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Hukum Dan                                 Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.                                   Pembimbing (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd, M.Si. Pembimbing (II)             Siti Awaliyah, S.Pd, SH, M.Hum.

 

Kata Kunci : Perilaku belajar, PPKn, penggunaan gadget, gadget, hasil belajar.

Perkembangan gadget yang semakin canggih ini, pengaruhnya dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa dan dapat dimanfaatkan dengan adanya website e- learning. Dengan pekembangan yang terjadi, hampir semua Sekolah Menengah Atas memperbolehkan siswa-siswi mereka menggunakan gadget di lingkungan sekolah tidak terkecuali di kelas. Hal ini dapat bepengaruh terhadap perilaku belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu dalam gadget juga berkaitan dengan adanya jejaring sosial. Dimana bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Siswa juga mendapatkan banyak informasi dalam menunjang proses belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perilaku belajar dengan

menggunakan gadget oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Malang (2) dampak perilaku belajar siswa dengan menggunakan gadget dalam kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn di SMA Negeri 6 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Prosedur

pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan melihat secara langsung proses pembelajaran dengan menggunakan gadget, wawancara yang dilakukan terhadap Ibu Natalia Aristina Dewi, S.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn, dan siswa-siswi SMA Negeri 6 Malang, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verivikasi data).

Hasil penelitian menunjukkan perilaku belajar dengan menggunakan gadget oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Malang dapat diketahui dari 2 hal; 1) Perumusan RPP dan 2) Pelaksanaan pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran atau RRP proses pembelajaran PPKn menggunakan gadget dan internet sebagai alat pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran siswa menggunakan gadget untuk menunjang proses pembelajaran. Sedangkan dampak perilaku belajar siswa dengan menggunakan gadget dalam kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn di SMA Negeri 6 Malang, dapat diketahui dari 3 hal antara lain; 1) suasana kelas, 2) partisipasi belajar siswa, dan 3) hasil belajar siswa. Bentuk perilaku siswa belajar dengan menggunakan gadget yaitu saat pembelajaran PPKn berlangsung lebih banyak siswa yang mencari sumber referensi melalui gadget dibandingkan mencari di buku, menurut siswa belajar dengan menggunakan gadget menyenangkan dan tidak membosankan, namun ada beberapa siswa yang lebih memilih mencari materi pelajaran di buku kemudian ditambah dengan mencari melalui gadget. Selain itu suasana kelas saat pembelajaran PPKn dengan menggunakan gadget masih kondusif, hal ini dikarenakan guru memberikan batasan waktu kepada siswa untuk mencari sumber belajar atau materi melalui gadget siswa, sehingga dengan adanya batasan waktu siswa akan memanfaatkan waktu untuk mencari materi pelajaran. Partisipasi belajar siswa dengan menggunakan gadget di kelas cukup tinggi, jumlah siswa yang selalu menggunakan gadget untuk mencari materi lebih banyak dari yang jarang menggunakan gadget untuk mencari materi pelajaran, untuk hasil belajar siswa, hasil belajar siswa dengan menggunakan gadget cenderung baik dan dapat menunjang hasil belajar siswa. 

 

Saran yang diberikan adalah untuk siswa, hendaknya siswa lebih bisa memanfaat teknologi dengan baik, salah satunya gadget, hendaknya siswa bisa menggunakan gadget secara maksimal untuk proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat. Bagi guru, hendaknya guru lebih bervariasi dalam memberikan pelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Bagi sekolah, hendaknya sekolah bisa memberikan kebijakan yang sesuai dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya bisa menambah pengetahuan sehingga penelitian yang akan datang menjadi lebih baik.