SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Kelompok Tani Gelora Bunga dalam Peningkatan Kesejahteraan Petani Bunga (Studi kasus di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu)

Reza . Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Keberadaan sebuah kelompok tani saat ini mulai terpinggirkan karena Kurangnya perhatian terutama pada upaya peningkatan kesejahteraan petani. mungkin saat ini, disebabkan belum terbangunnya paradigma pembangunan pertanian di perdesaan yang baik. Agar peningkatan kesejahteraan kelompok tani berdampak baik maka kelompok  tani yang dalam konteks penelitian di Dusun Sukorembug memiliki peran dalam peningkatan kesejahteraan petani.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) peran Kelompok Tani Gelora Bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu 2) nilai-nilai kegiatan Kelompok Tani Gelora Bunga dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu 3) kendala Kelompok Tani Gelora Bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu  4) upaya Kelompok Tani Gelora Bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa dokumentasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan yaitu: 1) Kepala Desa Sidomulyo 2) Ketua Kelompok Tani Gelora Bunga 3) Anggota Kelompok Tani Gelora Bunga .Analisis data dengan menggunakan model analisis data studi kasus menurut Robert K. Yin. Studi kasus yaitu analisis data penjodohan pola yang didasarkan atas empiri dengan pola yang diprediksikan (atau dengan beberapa prediksi alternatif). Jika kedua pola ini ada persamaan, hasilnya dapat menguatkan validitas internal studi kasus yang bersangkutan. dalam menggunakan penjodohan pola

Berdasarkan hasil penelitian data tersebut diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut  (1) peran Kelompok Tani Gelora Bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu meliputi: meningkatkan kualitas bunga, mengembangkan kawasan wisata bunga, pembangunan fisik, memperluas pemasaran bunga, peningkatan kesejahteraan petani bunga meliputi: adanya peningkatan kualitas rumah, peningkatan sandang, pangan, peningkatan pendidikan dan pendidikan ibadah. (2) nilai-nilai kegiatan Kelompok Tani Gelora Bunga dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu meliputi: nilai gotong royong, nilai religius, nilai kreativitas dan nilai kemandirian (3) kendala Kelompok Tani Gelora Bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu meliputi: kurangnya pemberdayaan petani, belum meratanya perbaikan infrastruktur dan belum Meratanya Bantuan Peralatan Pertanian. (4) upaya Kelompok Tani Gelora Bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu meliputi partisipasi aktif anggota kelompok tani, perlindungan harga bunga, dan kegiatan simpan pinjam kelompok tani.

 

Berdasarkan penelitian, diberikan saran kepada kepala Desa Sidomulyo untuk ikut berperan  memfasilitasi segala kegiatan Kelompok Tani Gelora Bunga.Kepada ketua Kelompok Tani Gelora Bunga di Dusun Sukorembug  untuk lebih berperan mengkoordinasi dalam rangka peningkatkan kesejahteraan petani bunga. Kepada Pemerintah Kota Batu untuk memberikan dukungan baik secara moral maupun material terhadap kelompok tani gelora bunga dalam peningkatan kesejahteraan petani bunga di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kota Batu. Kepada Kelompok Tani Gelora Bunga agar lebih berperan aktif dalam setiap kegiatan yang berdampak pada kesejahteraan petani bunga. Kepada petani bunga agar selalu meningkatkan produktivitas penanaman bunga.