SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D Presentation pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang

lia agustiningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustiningtyas, Lia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aurora 3D Presentation pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. A. Rosyid Al Atok, M. Pd., MH (II) Siti Awaliyah, S. Pd., SH., M.Hum

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Aurora 3D Presentation

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan, dimana pendidikan merupakan ukuran kualitas kehidupan bangsa, karena dapat menunjukkan tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa. Untuk mencapai kehidupan bangsa dan SDM yang berkualitas, seseorang harus belajar. Proses belajar dapat terjadi di lingkungan sekitar melalui orang tua maupun masyarakat, dan juga dapat dilaksanakan secara formal di sekolah. Proses belajar di sekolah dapat terjadi apabila ada interaksi antara guru dengan siswa. Untuk menciptakan interaksi dalam kegiatan pembelajaran, guru memerlukan media pembelajaran. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation.

Aurora 3D Presentation digunakan sebagai media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran PPKn. Media pembelajaran diperlukan dalam kegiatan pembelajaran sebagai media komunikasi antara guru dan siswa. Penggunaan media pembelajaran Aurora 3D Presentation akan membantu guru dalam menyampaian materi pembelajaran.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti yaitu model pengembangan dari Borg & Gall. Model pengembangan Borg & Gall ini melewati sembilan tahap, diantaranya (1) Penelitian dan Pengumpulan Data Informasi Awal, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Format Produk Awal, (4) Uji Coba Awal Melalui Validasi Ahli, (5) Revisi Produk, (6) Uji Coba Lapangan Skala Kecil, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Lapangan Skala Besar, (9) Revisi Produk Akhir. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif presentase. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation dilakukan di SMAN 1 Tumpang pada mata pelajaran PPKn kelas X.

Hasil pengembangan dari penggunaan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation sebagai berikut (1) Menurut ahli media yang menilai tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan menyatakan valid dengan beberapa saran untuk perbaikan. (2) Menurut ahli materi yang menguji kebenaran materi yang disajikan dalam media yang dikembangkan menyatakan materi yang disajikan dalam media pembelajaran valid dengan saran perbaikan. (3) Menurut ahli pembelajaran yang menilai kegunaan media pembelajaran yang dikembangkan menyatakan bahwa media yang dikembangkan valid, disertai saran terkait perbaikan media pembelajaran. (4) Hasil uji coba skala kecil maupun uji coba lapangan skala besar menyatakan media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan disertai masukan dari siswa, dan menghasilkan produk akhir media pembelajaran yang dikembangkan.

 

Saran yang disampaikan peneliti terkait penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Saran pemanfaatan terkait penggunaan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation dalam kegiatan pembelajaran untuk pengguna media pembelajaran, baik guru maupun siswa untuk mempelajari buku petunjuk penggunaan atau tutorial pembuatan media, (2) Saran diseminasi terkait pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, (3) Saran pengembangan produk lebih lanjut untuk peneliti yang akan mengembangkan media Aurora 3D Presentation selanjutnya hendaknya berdasarkan pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran.