SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Program Remedial dalam Pembelajaran PPKn di SMP Kota Gresik

Ervana Putri Putmasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Putmasari, Ervana Putri. 2017. Penerapan Program Remidial dalam Pembelajaran

PPKn di SMP Negeri dan SMP Muhammadiyah 1 Kota Gresik. Skripsi, Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M. Pd, M. Msi (2) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si

 

Kata kunci : Program Remidial, Pembelajaran PPKn

Belajar merupakan sebuah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang diwujudkan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang relatif permanen dan menetap disebabkan adanya interaksi individu dengan lingkungan belajarnya.Pencapaian prestasi belajar pada siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor siswa itu sendiri, lingkungan, sarana dan prasarana belajar dan pembelajaran, serta interaksi seluruh faktor tersebut dalam proses pembelajaran. Pemebelajaran remedial adalah sebagai upaya guru untuk menciptakan suatu situasi baru yang memungkinkan individu atau kelompok siswa dengan karakteristik tertentu akan lebih mampu mengembangkan dirinya untuk meningkatkan prestasi seoptimal mungkin sehingga dapat memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya program remedial bagi pihak sekolah dan peserta didik untuk memperoleh ketuntasan dalam setiap mata pelajaran PPKn. kemudian untuk mengetahui persepsi guru mata pelajaran PPKn. untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.informasi berasal dari Ibu Sumartini selaku guru mata pelajaran PPKn di SMP Negeri Kota Gresik dan Bapak Nur Hidayah selaku guru mata pelajaran PPKn di SMP Muhammadiyah Kota Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengamati secara langsung yang terjadi di lapangan, mencatat dan menarik kesimpulan data yang ditemukan dilapangan. Untuk menuju temuan keabsahan data dilakukan observasi yang mendalam dan menggunakan bahan referensi.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KBM  ditetapkan di SMP Kota Gresik bahwa penetapan KBM untuk mata pelajaran PPKn adalah 80 untuk SMP negeri dan 75 untuk SMP swasta. Dari segi pelaksanaan nya ada beberapa faktor penghambat di SMP Kota Gresik yaitu, kurang efektifnya waktu untuk melaksanakan program remedial akan tertunda dan hambatan untuk peserta didik yang sudah mengikuti remedial masih belum tuntas atau nilai peserta didik masih dibawah KBM,  hambatan bagi guru dimana kurangnya minat belajar siswa yang membuat peserta didik tidak mampu menguasai materi yang sudah diberikan oleh guru. terutama untuk kurang efektifnya waktu yang akan menghambat pelaksanaan program remedial adalah mencari guru pengganti untuk menggantikan atau menitipkan peserta didiknya untuk mengikuti program remedial, sedangkan untuk siswa yang sudah mengikuti progam remidi tetapi nilai masih dibawah KBM maka guru PPKn atau pihak sekolah akan menindaklanjuti seperti memanggil orang tua peserta didik untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh peserta didik tersebut, dan hambatan bagi guru untuk mengatasi kurangnya minat belajar siswa adalah guru akan memberikan pembelajaran ulang dengan materi yang sudah diajarkan sebelumnya oleh guru.