SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Muatan Nilai Nasionalisme Dalam Permainan Gobak Sodor dan Musik Karawitan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo

Bagus Rusnanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Bagus Rusnanda. 2017.Muatan Nilai Nasionalisme Dalam Permainan Gobak Sodor dan Musik Karawitan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Jurusan Hukum Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing: (1) Dr. Nur Wahyu Rochmadi,M.Pd (II) Drs. Ketut Diara Astawa, S.H, M.Si.

 

Kata Kunci : Permainan Tradisional, Musik Karawitan, Nasionalisme

Sekolah sebagai wahana bagi siswa untuk menuntut ilmu juga memiliki peran besar dalam menumbuhkan nasionalisme. Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan tempat untuk siswa menempuh ilmu menengah pertama. SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo merupakan sekolah yang mempunyai Visi melestarikan budaya. Sekolah bertujuan agar siswa yang dihasilkan memiliki nasionalisme tinggi. Maka dari itu SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo menerapkan permainan tradisional dan musik tradisional karawitan yang wajib diikuti siswa. Pendidikan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo tergolong ketat, karena tidak ada toleransi bagi siswa yang membolos pelajaran ataupun ekstra wajib yang diikuti. Kegiatan permainan tradisional di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan pada jam olah raga setiap satu bulan sekali, sedangkan musik tradisional karawitan merupakan ekstra wajib yang diikuti oleh siswa. Adanya permainan tradisional terutama gobak sodor dan musik tradisional sekolah berharap agar siswa memiliki nasionalisme yang tinggi dari kerja sama, kekeluargaan, dan juga disiplin yang terkandung dalam permainan dan musik tradisional karawitan.

Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) bagaimana permainan gobak sodor di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo (2) bagaimana musik karawitan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo (3) bagaimana muatan nilai nasionalisme melalui permainan gobak sodor dan musik karawitan di SMP Negeri1 Tarik Kabupaten Sidoarjo (4) kendala yang dihadapi dalam upaya mewujudkan nilai nasionalisme melalui permainan gobak sodor dan musik  karawitan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo (5) upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam upaya mewujudkan nilai nasionalisme melalui permainan gobak sodor dan musik karawitan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo.

Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) permainan tradisional dilakukan saat jam olah raga pada setiap akhir bulan, permainan tradisional gobak sodor mengandung makna kerja sama, kekeluargaan, dan menjaga daerah agar tidak dimasuki oleh lawan, dari makna permainan gobak sodor siswa diharapkan memiliki nasionalisme tinggi (2) pelaksanaan musik tradisional karawitan adalah ekstra wajib yang diikuti siswa, kegiatan musik tradisional karawitan dilakukan untuk melestarikan budaya lokal, dalam musik karawitan banyak nilai nasionalisme yang terkandung diantaranya adalah kerja sama, kekompakan, kekeluargaan serta nasionalisme yang terkandung dalam setiap tema lagu yang digunakan(3) muatan nilai dalam permainan gobak sodor adalah kerja sama, kekompakan, kebersamaan dan mempertahankan wilayah dari serangan musuh yang masuk. Musik karawitan mengandung nilai kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan dan nasionalisme yang terdapat pada lagu yang digunakan (4) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan permainan dan musik tradisional karawitan fasilitas kurang baik, ada siswa yang tidak mengerti tata cara permainan, kendala yang dialami dalam pelaksanaan musik tradisional karawitan adanya siswa yang tidak mengerti cara bermain musik karawitan, anggapan siswa musik tradisional karawitan yang kuno, jadwal latihan yang sepulang sekolah langsung (5) upaya yang dilakukan kendala dalam pelaksanaan permainan tradisional guru menjelaskan sebelum memulai supaya siswa dapat mengerti dengan baik, upaya yang dilakukan pada penerapan musik tradisional karawitan guru menjelaskan cara baermain pada siswa yang belum bisa, kepala sekolah memberikan gitar, drum dan orgen untuk digunakan latihan agar musik lebih menarik bagi siswa, jadwal yang semula sepulang sekolah diganti dengan adaya istirahat 30 menit untuk siswa.

 

Saran hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti (1) kepada kepala SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo untuk terus melastarikan budaya lokal yang ada guna meningkatkan nasionalisme pada siswa.(2) kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, memberikan intruksi pada kepala sekolah untuk menerapkan kesenian atau budaya lokal yang wajib dirapkan di sekolah. (3) peneliti selanjutnya supaya lebih efektif dalam pemahaman musik tradisional karawitan mengenai nasionalisme yang terkandung.