SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 19 Malang

David Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan,David Mitra.2016 Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 19 Malang.Skripsi, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan,Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si (II)Drs. Margono, M.Pd, M.Si

Kata Kunci: Asesmen, Pendidikan Kewarganegaraan, Teknik Penilaian

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini, karena tanpa pendidikan sulit untuk dapat melaksanakan kehidupan atau berkehidupan dengan baik dan manusia yang baik adalah manusia yang selalu belajar dan belajar sepanjang hidupnya mulai dari kelahiran sampai dengan kematianya.Asesmen atau penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas pembelajaran secara keseluruhan. Dengan demikian guru patut dibekali dengan ketrampilan melakukan asesmen sebagai ilmu yang mendukung tugasnya

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua masalah pokok yang ada dalam penelitian ini, yaitu: (1) perencanaan asesmen pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SMPN 19 Malang; (2) pelaksanaan asesmen pembelajaran di SMPN 19 Malang; (3) hambatan dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran pada pelajaran PKn di SMPN 19 Malang; (4) upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan asesmen pemebelajaran pada mata pelajaran PKn di SMPN 19 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMPN 19 Malang. Terdapat dua jenis data yang dipergunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian dan pembahasanmenunjukan bahwa (1) dalam melakukan perencanaan untuk asesmen pembelajaran harus memperhatikan empat hal yaitu, kompetensi yang diukur, aspek yang akan diukur ( pengetahuan, keterampilan atau sikap), kemampuan peserta didik yang akan diukur, dan sarana dan prasarana yang ada; (2)pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa dilakukan saat ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Tingkatan penilaian untuk ranah kognitif yakni dengan diberikan soal soalsampai tingkat aplikasi, sedangkan penilaian afektif dilakukan secara pengamatan;; (3) hambatan dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran yaitu proses penilaian yang membutuhkan waktu cukup lama, dan Alat ukur (instrumen) yang digunakan cukup banyak; (4)Upaya guru dalam mengatasi hambatan penilaian terbagi atasupaya mengatasi hambatan pada perencanaan penilaian, upaya dalam mengatasi hambatan penilaian sebelum pembelajaran, terkait upaya yang dilakukan guru, untuk