SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak keberadaan pasar agrobisnis semando terhadap kesejahteraan masyarakat di desa moropelang kecamatan babat kabupaten lamongan

Annas Thohir

Abstrak


ABSTRAK

Thohir Annas. 2016. Dampak Keberadaan Pasar Agrobisnis Semando Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan.Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd.,M.Si, (II) Yuniastuti, S.H, M.Pd.

Kata Kunci: Dampak Keberadaan Pasar Agrobisnis Semando TerhadapKesejahteraan Masyarakat di Desa Moropelang.

Keberadaan pasar agrobisnis Semando ini mengakibatkan pasar tradisonal yang berada di Desa Moropelang berangsur mengalami penurunan secara aktifitas dan penurunan pendapatan yang diterima oleh para pedagang,tukang becak dan kuli panggul. Hal ini juga berdampak pada perubahan sosiologis terhadap masyarakat Desa Moropelang yang mulai maju dan sedikit demi sedikit meninggalkan pola budaya tradisonal yang ada pada pasar tradisonal tersebut. Sehingga membuat para pedagang yang ada di pasar tradisonal Moropelang harus mencari upaya apa saja yang akan dilakukan sehingga mampu membuat mereka masih tetap eksis dan bias bersaing dengan pasar agrobisnis Semando.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan dampak apa saja yang ditimbulkan dari keberadaan pasar agrobisnis Semando terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Moropelang, (2) menjelaskan dampak secara sosiologis yang ditimbulkan dari pasar agrobisnis Semando terhadap masyarakat di Desa Moropelang, (3) menjelaskan upaya apa saja yang dilakukan pedagang yang ada di pasar tradisonal Moropelang terkait keberadaan pasar agrobisnis Semando.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berdasarkan pada situasi tempat berlangsungnya penelitian. Proses analisis data dilakukan secara terus menerus (cyclical) sejak peneliti memasuki lapangan sampai kegiatan penelitian ini berakhir. Kegiatan penelitian ini tidak terlepas dari empat kegiatan berikut: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penyimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian yaitu: (1) keberadaan pasar agrobisnis Semando yang ada di Kecamatan Babat ini mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Moropelang yang ditandai dengan menurunnya pendapatan yang diterima. (2) keberadaan pasar agrobisnis Semando ini juga berdampak pada perubahan sosiologis masyarakat yang ada di Desa Moropelang Kecamatan Babat. (3) keberadaan pasar agrobisnis Semando ini membuat pedagang di pasar tradisonal Moropelang melakukan upaya seperti merantau menjadi petani atau masih tetap ingin berjualan di pasar tradisonal Moropelang.

Berdasarkan temuan penelitian ditemukan tiga saran terhadap dampak keberadaan pasar agrobisnis Semando terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Moropelang yaitu; (1) pedagang yang berada di pasar tradisonal Moropelang di tuntut untuk lebih meningkatkan kualitas barang dan pelayanan agar pembeli tidak beralih kepasar agrobisnis Semando. (2) pedagang yang berada di pasar tradisonal Moropelang harus siap secara sosiologis dengan segala resiko dari perubahan pola hidup masyarakat. (3) pedagang yang berada di pasar tradisonal Moropelang juga harus mencari upaya agar tetap mampu eksis berdagang.