SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Dalam Menyejahterakan Masyarakat Di Dusun Jurangjero, Desa Jatigreges, Kec.Pace, Kab. Nganjuk

nisfathul ardhiana

Abstrak


ABSTRAK

Ardhiana, Nisfathul. 2016. Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Dalam Menyejahterakan Masyarakat Di Dusun Jurangjero, Desa Jatigreges, Kec.Pace, Kab. Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih,M.si, (II)  Rusdianto Umar, S.H, M.Hum.

Kata Kunci: PAMSIMAS, kesejahteraan, masyarakat.

Pamsimas adalah kegiatan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang dananya berasal dari konstribusi masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan Bank Dunia.Kegiatan ini didukung oleh Kementrian Departemen Pekerjaan Umum sebagai executing agency bersama dengan Kementrian Departemen Dalam Negeri dan Kementrian Departemen Kesehatan.Di wilayah Kabupaten Nganjuk masih mengalami kekurangan air bersih dan buruknya keadaan sanitasi. Salah satu desa di Kabupaten Nganjuk yang mengalami kekeringan yang memprihatinkan pada musim kemarau dan mempunyai sanitasi yang buruk adalah Dusun Jurangjero, Desa Jatigreges, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk.

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan: (1) keadaan kesejahteraan masyarakat di Dusun Jurangjero, Desa Jatigreges, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk sebelum adanya Program Pamsimas, (2) kegiatan program Pamsimas di Dusun Jurangjero, (3) pelaksanaan  kegiatan program Pamsimas di Dusun Jurangjero, (4) program Pamsimas dapat menyejahterakan masyarakat di Dusun Jurangjero.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Dusun Jurangjero, Desa Jatigreges, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Keadaan kesejahteraan masyarakat dusun Jurangjero sebelum adanya program Pamsimas sangat memprihatinkan, masyarakat kesulitan mencari air bersih,tidak ada sanitasi hanya beberapa rumah yang mempunyai WC. Masyarakat dulu sering membuag air besar (BAB) di sembarang tempat seperti disungai, di ladang, ada juga yang di hutan karena tidak ada air bersih dan tidak mempunyai WC. Kesehatan masyarakat tidak baik karena kurang bersihnya air yang di konsumsi, banyak yang sakit diare, (2) kegiatan program Pamsimas di dusun Jurangjero ada 5 kegiatan yaitu: a) pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan daerah, b) Peningkatan perilaku dan layanan hidup bersih dan sehat melalui STBM, c) Penyediaan Sarana Air Minum Dan Sanitasi, d) Insentif Desa/Kelurahan Dan Kabupaten/Kota, e) Dukungan Manajemen Pelaksanaan Proyek, (3) pelaksanaan program Pamsimas dilakukan dengan keswadayaan dari masyarakat dusun Jurangjero desa Jatigreges. Pemilihan desa lokasi sasaran Pamsimas II didasarkan pada proposal desa yang disampaikan oleh calon desa sasaran. Penyusunan proposal desa harus berbasis pada data real kondisi air minum dan sanitasi di desa yang bersangkutan. Di desa Jatigreges dusun Jurangjero dalam program Pamsimas menggunakan kegiatan perluasan. Kegiatan Perluasan yaitu kegiatan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) untuk desa yang belum/mempunyai pelayanan air minum dan sanitasi rendah, (4) program Pamsimas sangat berpengaruh dalam kesejahteraan masyarakat khususnya di dusun Jurangjero. Ada beberapa bidang yang berpengaruh yaitu dalam bidang kesehatan sudah membaik, tidak ada yang sakit diare karena masyarakat sudah mengkonsumsi air bersih, bidang ekonomi sudah lebih baik, dengan adanya air bersih tidak ada yang sakit lagi sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk berobat, uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Adanya Pamsimas juga berpengaruh pada perubahan perilaku yaitu BAB(Buang Air Besar) disembarang tempat sekarang sudah bisa BAB(Buang Air Besar) di WC yang disediakan oleh Pamsimas.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis dalam penelitian maka penulis memberikan saran kepada pihak terkait sebagai berikut: (1) bagi masyarakat dusun Jurangjero, sebaiknya belajar menjadi masyarakat yang tanggap terhadap semua kegiatan yang terjadi disekitarnya. Dengan mengikuti kegiatan yang ada di desa, masyarakat menjadi semakin akrab dan muncul rasa gotong royong yang tinggi untuk menciptakan desa yang sejahtera, (2) Bagi pemerintah, hendaknya lebih memperhatikan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil lainnya agar kehidupannya terjamin dan lebih sejahtera, (3) Bagi pihak peneliti, untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam melakukan penelitian yang sejenis ataupun yang lain, (4) bagi mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, penelitian ini diharapkan bisa memberi inspirasi kepada para calon peneliti lain untuk mengadakan penelitian di bidang sosial.