SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembentukan Karakter TGP (Tentara Genie Pelajar) Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang

frinsania sajidah

Abstrak


Sajidah, Frinsania. 2016. Pembentukan Karakter TGP(Tentara Genie Pelajar) Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung, Kabupaten Malang. Skirpsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Margono, M.Pd., M.Si., (2) Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ekstrakulikuler Pramuka, Nilai Krakter

Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan lembaga pendidikan formal pada jenjang pendidikan menengah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam diri sebagai disiplin ilmu. Sebagai suatu pendidikan formal yang menyelenggarakan pengajaran untuk peserta didiknya, maka segala sesuatu harus disusun dan diatur menurut pola dan sistematika tertentu agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung terarah pada pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui apa saja program pembentukan karakter TGP pada ekstrakulikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan program pembentukan karakter TGP pada kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung, (3) mengetahui apa saja nilai-nilai karakter TGP yang diterapkan pada kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung, (4) mengetahui faktor apa saja yang menghambat menerapkan karakter TGP pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sumberpucung, (5) memberitahukanuntuk mengetahui solusi untuk mengatasi faktor penghambat penerapan karakter TGP pada kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian  kualitatif deskriptif. Pada penelitian deskriptif ini, peneliti beusaha untuk menjelaskan bagaimana penerapan karakter TGP pada kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang. Melalui jenis penelitian ini data yang telah terkumpul merupakan hasil dari wawancara tentang bagaimana menerapkan karakter TGP pada siswa-siswi SMP Negeri 2 Sumberpucung yang disusun secara sistematis, akurat dan factual. Hal tersebut untuk memberikan penjelasan secara terperinci dan sesuai denngan keadaan yang terjadi di SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang tanpa ada rekayasa.

Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program penerapan TGP di SMP Negeri 2 Sumberpucung dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan, (2) Pelaksanaan program pembentukan karakter TGP pada ekstrakulikuler dibagi menjadi 2 yaitu kegiatan rutin dan kegiatan tahunan, (3) nilai-nilai karakter yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka antara lain didapat dari kegiatan baris-berbaris, ishoma, penyampaian materi, penempuhan syarat kecakapan umum (SKU) dan perkemahan, (4) terdapat beberapa kendala dalam menerapkan karakter TGP pada kegiatan ekstrakulikuler Pramuka antara lain kendala dari siswa, kendala dari pembina dan kendala anggaran dana, (5) solusi untuk mneyelesaikan beberapa kendala yang ada pada saat menerapkan karakter TGP pada kegiatan ekstrakulikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung.

Berdasarkan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa program pembentukan karakter pada kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung yang paling sering dilaksanakan adalah kegiatan rutin. Dalam menerapkan karakter TGP pada kegiatan Pramuka sangatlah dibutuhkan kerjasama antara pembina Pramuka, kakak pembina Pramuka, Panitia Gugus Depan dan Dewan Galang SMP Negeri 2 Sumberpucung untuk lebih seirius dalam menerapkan karakter TGP pada peserta didik.