SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis nilai nasionalisme dalam lagu umbul-umbul belambangan

RENO ARIANTA

Abstrak


ABSTRAK

Arianta, Reno. 2016. Analisis Nilai Nasionalisme Lagu Umbul-Umbul Blambangan. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Program Studi S1 Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) (2)

Kata kunci: nilai, umbul-umbul Blambangan, nasionalisme.

Perkembangan zaman yang maju pesat terhadap lagu-lagu modern menjadi dampak penurunan jiwa nasionalisme di kalangan muda terhadap lagu tradisional daerah. Menurut ensiklopedi indonesia nasionalisme adalah sikap politik dan sosial dari sekelompok bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, bahasa dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan dengan meletakkan kesetiaan yang mendalam terhadap kelompok bangsanya.Umbul-umbul Blambangan adalah lagu kebanggaan warga Banyuwangi.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriftif. Bogdan dan Tailor (1975:5) mendefinisikan “metodologi kualitatif” sebagai proses penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Sejalan dengan definisi tersebut Kirk dan Miller dalam ( Moleong, 2002:3) mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah teradisi dalam Pendidikan Kewarganegaraan yang bergantung pada pengamatan manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam kawasannya dan peristilahannya.

Salah satu cara menerapkan nilai-nilai nasionalisme pada lagu umbul umbul blambangan  adalah dengan memberikan apresiasi berupa sebuah kebanggaan dan juga pemahaman yang mendalam terhadap makna dari lagu tersebut.

Melalui apresiasi ini akan terbentuk masyarakat yang lebih menghargai dan menghormati kesenian daerah , akan terbentuk masyarakat yang lebih mempunyai rasa memiliki terhadap kebudayaan dan kesenian dari daerah mereka sendiri. Dengan hal itu akan tersampekanlah pesan yang terkandung dalam bait lagu umbul-umbul blambangan ini.

 

Nilai nasionalisme yang terkandung dalam lagu umbul umbul Blambagan adalah  memberikan semangat kepada masyarakat untuk terus berkreasi dan berjuang dalam melakukan segala hal.

Dalam implementasinya lagu umbul umbul blambangan memang belum sepenuhnya terealisasikan dalam masyarakat, tapi dengan optimisme tinggi kitaa harus tetap semngat membudayakan kesenian ini, agar bisa terus ada sampai anak cucu kita nanti.