SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Peran Street Educator dalam Pendidikan Karakter Anak Jalanan pada Lembaga Pemberdayaan Anak Negeri Griya Baca Malang

Habibah Pidi Rohmatu

Abstrak


ABSTRAK

Rohmatu, Habibah Pidi. Peran Street Educator dalam Pendidikan Karakter Anak Jalanan pada Lembaga Pemberdayaan Anak Negeri Griya Baca Malang, skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Margono, M.Pd., M.Si. (2) Dr. Nuruddin Hady, S.H., M.H.

Kata Kunci : Street Educator, Pendidikan Karakter, Anak Jalanan, LPAN Griya Baca

Anak merupakan aset dari sebuah perkembangan kehidupan manusia. Begitupula anak jalanan, mereka juga merupakan generasi penerus bangsa. Anak jalanan adalah anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan kegiatan hidupnya di jalanan baik untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalan maupun tempat umum lainnya. Pendidikan karakter pada dasarnya adalah nilai-nilai hidup dan kehidupan manusia yang secara sadar dihayati, diyakini, dan dilaksanakan untuk menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan kepada anak sebagai penerus bangsa tidak terkecuali anak jalanan. Pendidikan karakter ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi anak jalanan dalam hidupnya baik hubungannya dengan diri sendiri, Tuhan, orang lain, serta bangsanya. Dalam memahami dan mengamalkan pendidikan karakter, anak jalanan membutuhkan pembinaan yang salah satunya dilakukan oleh street educator. street educatormemiliki peran dalam mendidik karakter anak jalanan karena mereka dalam menjalankan tugasnya adalah dengan turun langsung ke jalan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) karakter yang dididikkan oleh street educator kepada anak jalanan binaan LPAN Griya Baca Malang, (2) strategi street educator dalam mendidik karakter anak jalanan binaan LPAN Griya Baca Malang, (3) hasil pendidikan karakter oleh street educator kepada anak jalanan binaan LPAN Griya Baca Malang, (4) peran street educator pada LPAN Griya Baca Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dilakukan dengan berbagai informan yaitu kepala LPAN Griya Baca, street educator, anak jalanan binaan LPAN Griya Baca. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif dimulai dari tahap redeuksi data, penyajian data, pemeriksaan kesimpulan atau verifikasi data.

Berdasarkan hasil penelitian data tersebut diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Pendidikan karakter yang dididikkan oleh street educator kepada anak jalanan binaan LPAN Griya Baca adalah nilai religi, jujur, tanggungjawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta tanah air, peduli sosial, dan peduli lingkungan. Nilai yang dididikkan tersebut telah sejalan dengan delapan belas nilai karakter yang telah dikemukakan oleh kementerian pendidikan nasional. (2) strategi yang dilakukan oleh street educatordalam pendidikan karakter anak jalanan binaan LPAN Griya Baca adalah kegiatan terprogram dan pembiasaan. Kegiatan terprogram yang dilakukan oleh street educatoryang berkaitan dengan pendidikan karakter meliputi pembinaan rutin keagamaan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan, program berani berbagi, pembinaan bakat dan minat, program penghijauan, serta pesantren kilat. Sedangkan pembiasaan dilakukan oleh street educatordengan membiasakan untuk berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, memberikan keteladanan, serta tata tertib. (3) Hasil pendidikan karakter oleh street educatorkepada anak jalanan binaan LPAN Griya Baca dapat dilihat dari perubah mereka dalam berhubungan dengan dirinya sendiri, Tuhan, orang lain, serta alam atau lingkungan sekitar. (4) peran street educator pada LPAN Griya Baca selain sebagai pendamping anak jalanan juga sebagai pengurus lembaga serta event organizer pada setiap acara yang ada pada LPAN Griya Baca.

Saran dari penelitian ini ditujukan kepada masyarakat, pemerintah, pekerja sosial, dan LPAN Griya Baca. Masyarakat perlu sadar bahwa masalah anak jalanan merupakan masalah yang menjadi tanggung jawab masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Sedangkan pemerintah perlu memberikan pembekalan bagi para street educator lebih menumbuhkan rasa kemanusiaan tanpa pamrih. Bagi para pekerja sosial atau street educator perlu menanamkan prinsip kemanusiaan dan tidak menyalahgunakan masalah anak jalanan. sedangkan bagi LPAN Griya Baca perlu adanya peningkatan dalam mengelola media sosial agar informasi program lembaga dapat dikonsumsi oleh publik.