SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

INTERNALISASI NILAI – NILAI MORAL PADA ANAK DENGAN GEJALA OEDIPUS COMPLEX (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 2 MALANG)

Rukmana Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Internalisasi nilai moral pada anak dengan gejala Oedipus complex adalah proses penanaman nilai moral yang dilakukan pada anak yang mengalami gangguan kepribadian Oedipus Complex. Oedipus complex merupakan suatu kompleks yang terjadi pada anak laki – laki berusia 3 – 6 tahun dimana dia pertama kali jatuh cinta kepada ibunya, dan menganggap sang ayah sebagai sainganya. Kompleks yang tidak terselesaikan menyebabkan gangguan kepribadian di masa remaja, terutama saat anak berada di bangku SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan mengenai (1) penyebab gejala Oedipus complex yang muncul pada anak; (2) peran orang tua; (3) peran teman sebaya; (4) peran guru di SMA Negeri 2 Malang dalam proses internalisasi nilai moral pada anak dengan gejala Oedipus complex.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam mencari data dari informan yang terdiri dari anak, orang tua, teman, dan juga guru di SMA Negeri 2 Malang Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengecek data yang diperoleh dari lapangan, reduksi data, analisis data, dan penyimpulan.

Adapun hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Pertama, Penyebab gejala Oedipus complex yang muncul pada anak (1) pertengkaran orang tua (2) perceraian orang tua yang terjadi di masa kecil (3) kedekatan dengan ibu (4) ayah tiri (5) kemunculan adik. Kedua, Peran orang tua dalam internalisasi nilai moral pada remaja dengan gejala Oedipus complex (1) peran utama ibu dalam fase oral dan anal (2) peran utama ayah dalam fase falik dimana keduanya berpengaruh penting pada kepribadian anak.  Ketiga, Peran teman sebaya dalam internalisasi nilai moral pada anak dengan gejala Oedipus complex (1) peran teman sebaya dalam lingkungan sekolah yang memberikan dampak positif (2) peran teman sebaya di luar lingkungan sekolah yang berdampak negatif. Keempat, Peran guru di SMA Negeri 2 Malang dalam internalisasi nilai moral pada anak dengan gejala Oedipus complex (1) Peran guru bimbingan dan konseling (2) peran guru PPKn  (3) peran guru agama, (4)  peran guru kesenian.

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Moral, Oedipus Complex.