SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBENTUKAN KEPEMIMPINAN PANCASILA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MAN 2 KOTA PROBOLINGGO

Dewi Nur Anita

Abstrak


ABSTRAK

Anita, Nur. 2016. Pembentukan Kepemimpinan Pancasila Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah MAN 2 Kota Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono, M. Pd., M. Si, (II) Drs. Petir Pudjantoro, M. Si

Kata Kunci: Kepemimpinan Pancasila, Ekstrakurikuler, Pramuka

Pramuka merupakan pendidikan di luar sekolah yang dilakukan di alam terbuka, menantang, menyenangkan, kreatif, dan inovatif sehingga mampu membentuk generasi muda yang berkepribadian, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tinggi moral fan tinggi ketrampilannya. Pendidikan kepramukaan dalam sistem pendidikan nasional termasuk dalam jalur pendidikan non formal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai pramuka dalam pembentukan kepribadian siswa yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup.

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kepemimpinan Pancasila pada kegiatan pramuka di MAN 2 Kota Probolinggo, kegiatan pramuka yang dapat membentuk kepemimpinan Pancasila di MAN 2 Kota Probolinggo, dan pembentukan kepemimpinan Pancasila pada kegiatan pramuka dilakukan di MAN 2 Kota Probolinggo.

Peneliti ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di sekolah MAN 2 Kota Probolinggo. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif (Miles dan Huberman) dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keansahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kepemipinan Pancasila pada  kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MAN 2 Kota Probolinggo meliputi: nilai karakter relegius, nilai peduli sosial, nilai cinta lingkungan, nilai gotong royong dan nilai disiplin; (2) Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membentuk kepemimpinan Pancasila di MAN 2 Kota Probolinggo meliputi: baris-berbaris, SKU, Kemah Dewan Ambalan dan Perkemahan Bantara; (3) Pembentukan kepemimpinan Pancasila pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan di MAN 2 Kota Probolinggo meliputi: tugas menanggapi situasi, tugas menilai situasi, dan tugas menentukan sikap-tindakan terhadap situasi.

Saran untuk MAN 2 Kota Probolinggo, seharusnya melengkapi sarana dan prasarana khususnya untuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Ini dilakukan untuk memberi kebebasan para siswa supaya dapat mengekspor bakat dan minat masing-masing siswa. Dan dalam pembentukan nilai kepemimpinan Pancasila seharusnya sudah mampu pada nilai-nilai yang terkandung di dalam kepemimpinan pancasila yang mengisyaratkan bahwa seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kepemimpinanya.