SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN RADIO REPUBLIK INDONESIA STASIUN MALANG (RRI MALANG) SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK DALAM MELESTARIKAN KESENIAN JARAN KEPANG PADA MASYARAKAT MALANG

Eti Nurul Zannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zannah, Eti Nurul. 2016. Peran Radio Republik Indonesia Stasiun Malang (RRI Malang) Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Dalam Melestarikan Kesenian Jaran Kepang Pada Masyarakat Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Untari, M.Si., (II) Dr. Nuruddin Hady, S.H., M.H.

 

Kata Kunci: RRI Malang, Lembaga Penyiaran Publik, Jaran Kepang, Malang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi melahirkan informasi secara global disertai dengan munculnya berbagai macam media komunikasi yang tidak mengenal batas ruang dan waktu. Hal ini menyebabkan beberapa tantangan bagi bangsa Indonesia yaitu guncangan budaya (cultural shock) dan ketertinggalan budaya (cultural lag). Kesenian tradisional sebagai salah satu dari tujuh unsur kebudayaan saat ini mengalami permasalahan ancaman eksistensi budaya tersebut, termasuk kesenian Jaran Kepang Malang. RRI Malang sebagai lembaga penyiaran publik untuk wilayah Malang merupakan suatu media yang mempunyai tugas sebagai pelestari budaya bangsa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program acara RRI Malang dalam rangka melestarikan kesenian Jaran Kepang pada masyarakat Malang; (2) peran RRI Malang sebagai lembaga penyiaran publik dalam melestarikan kesenian Jaran Kepang pada masyarakat Malang; (3) faktor pendukung dan faktor penghambat RRI Malang dalam menjalankan peranannya sebagai lembaga penyiaran publik dalam melestarikan kesenian jaran kepang pada masyarakat Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa dokumentasi, observasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan yaitu: (1) Kasubsi Programma 1 Saluran Budaya RRI Malang; (2) Kasubsi Perencanaan dan Evaluasi Program; (3) Penyiar Saluran Budaya RRI Malang; (4) FKP RRI Malang; (5) Masyarakat pendengar setia RRI Malang. Kegiatan analisis data dengan menggunakan model Spradley dimulai dari tahap analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, analisis tema.

Berdasarkan hasil penelitian data tersebut diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) program acara RRI Malang dalam rangka melestarikan kesenian Jaran Kepang melalui programma 1 Saluran Budaya meliputi program acara siaran sarapan pecel, sarasehan budaya, gelar budaya RRI Malang, dan publikasi kegiatan budaya pihak eksternal; (2) peran RRI Malang sebagai lembaga pernyiaran publik dalam melestarikan kesenian Jaran Kepang pada masyarakat Malang yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, perekat sosial dan promosi; (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melestarikan kesenian Jaran Kepang pada masyarakat Malang. Faktor pendukung meliputi antusias masyarakat yang tinggi dalam setiap acara RRI Malang, adanya peran serta dan kontribusi masyarakat dalam setiap acara Gelar Budaya RRI Malang, adanya rapat pembentukan pola siaran setiap tahun dengan Forum Komuniasi Pemerhati RRI Malang dalam rangka peningkatan kualitas program acara RRI Malang dengan memperhatikan masukan dari pendengar, serta adanya acara Jumpa Fans antar para pendengar setia RRI Malang dengan RRI Malang setiap tahun yang dikemas dengan acara kesenian. Sedangkan faktor penghambat meliputi tidak tersedianya anggaran dana yang cukup untuk penyelenggaraan acara gelar budaya RRI Malang, komunitas Jaran Kepang yang diajak kerjasama oleh RRI Malang masih kurang merata, serta penempatan penyiar dalam program acara kurang sesuai dengan karakternya.

Berdasarkan penelitian, diberikan saran kepada: (1) masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan kesenian Jaran Kepang; (2) RRI Malang untuk terus menyelenggarakan pertunjukan kesenian Jaran Kepan; (3) pemerintah daerah untuk memberikan terhadap upaya RRI Malang dalam rangka melestarikan kesenian daerah Malang; (4) komunitas kesenian Jaran Kepang untuk terus mengembangkan kesenian Jaran Kepang dalam rangka mempertahankan kesenian daerah Malang.