SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Diskriminasi Peran Gender yang Terkandung dalam Lirik (Pesan) Lagu Pop Indonesia

Edeltrudis Jumiarti Jeraman

Abstrak


Jeraman, Edeltrudis Jumiarti. 2016. Diskriminasi Peran Gender yang Terkandung dalam Lirik (Pesan) Lagu Pop Indonesia. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si (II) Hj. Yuniastuti, SH.M.Pd

Kata Kunci : Gender, Diskriminasi Gender, Peran Gender, Feminis, Lagu Pop, dan Citra Perempuan

Permasalahan mengenai diskriminasi gender khususnya bagi kaum perempuan kerap kali terjadi dalam masyarakat. Perbedaan peran gender antara laki-laki dan perempuan yang telah dikonstruksikan secara sosial dan budaya menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya diskriminasi. Dalam beberapa lagu Pop Indonesia juga menunjukkan bahwa permasalahan mengenai diskriminasi peran gender khususnya bagi kaum perempuan masih sering terjadi. Lagu yang merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, dapat menjadi salah satu alat yang dapat melanggengkan permasalahan tentang diskrimininasi khususnya bagi perempuan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) ragam lagu Pop Indonesia yang bertemakan diskriminasi gender, (2) bentuk pesan yang mengandung diskriminasi peran gender dalam lagu Pop Indonesia, dan (3) ragam peran gender yang didiskriminasikan dalam lagu Pop Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa lagu-lagu Pop Indonesia yang mengandung diskriminasi peran gender khususnya bagi perempuan, sedangkan teknik analisis data yang digunkan adalah teknik analisis isi (Content Analysis), dimulai dari tahap (1) menemukan lambang atau simbol; (2) mengklasifikasi data berdasarkan lambang atau simbol; dan (3) prediksi atau menganalisa data.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama, salah satu faktor penyebab terjadinya diskriminasi peran gender khususnya bagi perempuan dalam masyarakat yakni karena  adanya peran gender yang dikonstruksikan secara sosial dan budaya. Perbedaan peran gender yang telah dikonstruksikan tersebut, mengakibatkan posisi perempuan semakin terpojokkan dan semakin terbatasnya ruang gerak perempuan. Kedua, permasalahan mengenai diskriminasi bagi kaum perempuan juga nampak dalam lagu Pop Indonesia. Dalam lagu-lagu tersebut, bentuk diskriminasi yang ditujukan kepada perempuan nampak dalam bentuk stereotipe (pelabelan negatif) seperti perempuan mahkluk yang lemah, lembut, manja, mudah dibohongi dan lain sebagainya, subordinasi dan kekerasan (kekerasan psikologi maupun kekerasan dalam bentuk pelacuran). Ketiga, perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan kerap kali menimbulkan konflik. Laki-laki dan perempuan terkesan saling berlomba-lomba untuk menjadi yang paling unggul. Keempat, ragam gender yang didiskriminasikan dalam lagu Pop Indonesia nampak dari posisi laki-laki yang mendominasi perempuan, keberadaan perempuan yang kerap dipandang sebagai obyek penderita sedangkan laki-laki sebagai subyek, dan peran laki-laki sebagai penguasa dan perempuann sebagai “hamba”.