SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-nilai Cinta Tanah Air (Hubb Al Wathan) dalam Perspektif Al-Qur'an

M. Alifudin Ikhsan

Abstrak


ABSTRAK

Ikhsan, M. Alifudin. 2016. Nilai-nilai Cinta Tanah Air (Hubb  Al Wathan) dalam Perspektif Al-Qur’an. Skripsi, Jurusan  Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. A.  Rosyid Al Atok, M.Pd., M.H., (II) Dr. Didik Sukriono,  S.H., M.Hum.

Kata Kunci: nilai, cinta tanah air, Al-Qur’an

Cinta tanah air (hubb al wathan) merupakan perasaan bangga dan ikut memiliki sebuah wilayah tertentu. Perasaan ini diwujudkan dalam sikap rela berkorban untuk melindungi wilayahnya dari berbagai ganggungan dan ancaman. Pentingnya rasa cinta tanah air ini menjadikannya sebuah tabiat alamiah manusia yang dimiliki sejak lahir. Namun, yang menjadi problematika saat ini adalah spesialisasi makna cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari. Dikotomi penolakan gerakan Islam Ashobiyah terhadap paham negara bangsa (nation state) menjadi salah satu bukti penyempitan makna cinta tanah air di masyarakat.

Kajian terhadap pokok bahasan ini mengungkapkan konsep atau gagasan terkait cinta tanah air yang ditinjau dari segi agama dan bangsa. Hal ini penting untuk dilakukan agar tercipta pemahaman yang lebih kontekstual terhadap fenomena problematika paham cinta tanah air. Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan mengingat sedikitnya kajian yang mendalam terhadap eksplorasi kandungan Alquran dalam memecahkan problematika sosial yang terjadi saat ini. Harapannya dengan dikajinya topik ini dapat membuka wawasan masyarakat tentang konsep cinta tanah air dalam Alquran. Penelitian ini mengungkap nilai-nilai cinta tanah air dalam perspektif Alquran.

Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library research.  Penelitian ini berorientasi pada pengumpulan data-data yang terdapat dalam berbagai sumber baca yang ada. Penelitian terhadap nilai-nilai cinta tanah air dalam prespektif Alquran ini juga menggunakan telaah studi naskah dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Yakni penelitian terhadap teks-teks Alquran yang membicarakan tentang suatu masalah tertentu. Analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis isi atau content analisys yakni metodologi kajian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen.

Hasil penelitian ini adalah cinta tanah air di Indonesia berangkat dari cita-cita kesatuan dan pluralisme yang merupakan anugrah tuhan. Pada dasarnya, kata cinta tanah air dalam Alquran tidak disebutkan secara langsung. Namun nilai-nilai cinta tanah air banyak ditemukan dalam Alquran. Nilai-nilai cinta tanah air tersebut juga tidak bertentangan dengan konsep ajaran agama Islam yang menjadikan Alquran sebagai kitab pedoman hidup. Nilai-nilai tersebut adalah: (1) nilai persatuan dan kesatuan, terdapat dalam QS. Al Anbiya’: 92, QS. Al Hujurat: 13, QS. Ali Imron: 103, dan QS.As Shaff: 4 (2) nilai rela berkorban, terdapat dalam QS. Al Anfal: 60, QS. Qashsas: 7, dan QS. An Nisa’: 135 (3) nilai kesetiaan, terdapat dalam QS. An Nisa’: 59, dan QS. Ali Imron: 103 (4) nilai taat terhadap peraturan, terdapat dalam QS. An Nisa’: 59, dan QS. An Nisa’: 135 (5) nilai toleransi antarumat beragama terdapat dalam QS. Al Mumtahanah: 8, dan QS. Al An’am: 108.