SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemilihan Kepala Desa sebagai Sarana Pendidikan Politik Masyarakat di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan

Wiwin Elfina

Abstrak


ABSTRAK

Elfina, Wiwin. 2008. Pemilihan Kepala Desa sebagai Sarana Pendidikan Politik    Masyarakat di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.   Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suparlan M.Si, (II) Drs. H. Edi Suhartono, SH. M.Pd.

 

 

Kata Kunci: Pemilihan Kepala Desa, Pendidikan Politik, Masyarakat  Desa.

 

            Pemilihan Kepala Desa dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan politik masyarakat. Dalam arti yang sempit, pendidikan politik dapat diartikan sebagai usaha sadar untuk memgubah proses sosialisasi politik masyarakat sehingga mereka memahami dan mengahayati nilai-nilai yang terkandung dalam suatu sistem politik ideal yang hendak dibangun.

            Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui latar belakang pemilihan Kepala Desa Ngembe, mengetahui tahap-tahap pemilihan Kepala Desa Ngembe, mengetahui persepsi warga masyarakat tentang pemilihan Kepala Desa sebagai sarana pendidikan politik masyarakat Desa Ngembe, mengetahui arti penting pemilihan Kepala Desa bagi pendidikan politik masyarakat di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

            Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Informan terdiri atas mantan anggota panitia Pemilihan Kepala Desa, anggota BPD, Kepala Desa terpilih, tokoh masyarakat dan masyarakat secara umum. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket. Analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan: perpanjangan kehadiran, ketekunan pengamatan dan triangulasi.

            Hasil penelitian menyatakan: (1) Latar belakang dilaksanakannya pemilihan Kepala Desa di Desa Ngembe adalah karena masa jabatan Kepala Desa yang lama telah berakhir  sesuai dengan Perda Kabupaten Pasuruan No.9 tahun 2006. (2) tahap-tahap pemilihan Kepala Desa Ngembe terdiri atas tahap pembentukan panitia, tahap penyusunan program kerja dan rencana anggaran, tahap penyusunan tata tertib pemilihan Kepala Desa, tahap penjaringan bakal calon Kepala Desa, tahap pendaftaran hak pilih, tahap penyaringan dan penetapan bakal calon yang berhak dipilih, tahap pengundian nomor urut calon Kepala Desa, tahap kampanye, tahap penyampaian surat panggilan dan pengumuman hak pilih dan tahap pemilihan Kepala Desa (3) Pendidikan politik masyarakat Desa Ngembe dapat digolongkan pada tingkat menegah (4) Pemilihan Kepala Desa yang telah dilaksanakan dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan politik masyarakat di Desa Ngembe Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

      Agar pendidikan politik dapat berjalan secara efektif sebaiknya masyarakat memenfaatkan jalur-jalur pendidikan politik yang ada seperti organisasi politik, media massa, sekolah dan keluarga sehingga masyarakat akan menjadi kader-kader politik yang mampu berfungsi dengan baik di tengah percaturan politik serta sadar akan hak dan kewajibannya dalam berpolitik .


Teks Penuh: DOC PDF