SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA KELAS REGULER DAN KELAS SSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

anwar hamid

Abstrak


ABSTRAK

 

Hamid, Anwar. 2012. Studi Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn Pada Kelas Reguler dan Kelas SSI di Sekolah Menengah Atas Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono, M Pd. M.Si.,

(II) Drs. Petir Pudjiantoro, M.Si

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pkn, Sekolah Standar Internasional

 

Pada penelitian ini membahas implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn pada kelas Reguler dan kelas Standar Internasional. Penelitian ini mengkaji bagaimana penerapan pendidikan karakter pada perangkat pembelajaran kurikulum, silabus, dan Rencana pelaksanaan pembelajaran. Pengkajian lebih rinci pada penelitian ini yaitu bagaimana dengan komponen-komponen (aspek) pembentuk perangkat dan bagaimana langkah-langkah pembentukan komponen itu secara hierarki dan sistematis.sehingga di dalam penelitian ini tidak hanya membahas rencana pelaksanaan pembelajaran tetapi juga refleksi terhadap pelaksanaan tersebut melalui kegiatan pembelajaran.

 

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam perancangan kurikulum dan silabus PKn pada kelas reguler dan kelas SSI di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, (2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada kelas reguler dan kelas SSI di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, (3) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran pada kelas reguler dan kelas SSI di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

 

METODE

 

            Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penggunaan kualitatif ini karena peneliti ingin mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam pelajaran PKn pada SMA Laboratotium Universitas Negeri Malang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah hasil dari observasi di lapangan serta wawancara secara mendalam pada  Kepala Sekolah SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta siswa-siswi kelas Reguler dan SSI. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.