SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Guru Mata Pelajaran PKn dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah di SMP Negeri 1 Batu

FIRMAN ARIEF SETYAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Arief S., Firman. 2012. Peran Guru Mata Pelajaran PKn dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah di SMP Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Sukowiyono, SH, MH, (II) Dr. H. A Rosyid Al Atok, M.Pd, MH.

Kata Kunci: kesadaran hukum, peran guru PKn, tata tertib

Kesadaran hukum merupakan kesadaran dari dalam diri manusia untuk mematuhi peraturan-peraturan hukum yang telah dibuat bersama. Selain mengajarkan mata pelajaran PKn seorang guru PKn merupakan ujung tombak dalam meningkatkan kesadaran hukum siswa. Guru mata pelajaran PKn memiliki tanggung jawab meningkatkan kesadaran hukum siswa. Dengan mengajak siswa untuk selalu sadar dan taat terhadap hukum  maka sejak saat itu guru meletakkaan pondasi kepada siswa dalam membangun bangsa yang berakhlak mulia, bertanggung jawab dan melek hukum yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib yang ada  di SMP Negeri 1 Batu, mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu, dan untuk mengetahui bagaimana peran guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib yang ada di SMP negeri 1 Batu.

Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 1 Batu dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan tentang Peran Guru Mata Pelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum siswa terhadap tata tertib sekolah di SMP Negeri 1 Batu. Dimana penelitian tersebut dilakukan terhadap suatu objek yaitu peranan guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib di SMPN 1 Batu dan dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan berbagai macam sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan juga dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kesadaran hukum siswa  SMP Negeri 1 Batu terhadap tata tertib yang ada di sekolah sudah  baik, mayoritas siswa SMP Negeri 1 Batu melaksanakan apa yang diharuskan dalam tata tertib dan tidak melanggarnya.

Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu antara lain sebagai berikut: (1) tentang peraturan hukum. Peraturan-peraturan hukum yang berlaku di SMP Negeri 1 Batu tersebar luas melalui student handbook yang dibagikan ke seluruh siswa SMP Negeri 1 Batu yang didalamnya tercantum tata tertib sekolah, selain itu melalui pengarahan tentang tata tertib oleh guru, (2) Pemahaman terhadap peraturan hukum. Pemahaman siswa terhadap tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu, artinya siswa SMP Negeri 1 Batu mengetahui isi dan juga kegunaan dari tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu. Pemahaman siswa terhadap peraturan atau tata tertib yang ada disekolah dapat diindikasikan dari jumlah pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa baik yang terekam di student hand book maupun jurnal harian bidang budaya dan lingkungan. (3) Penghargaan terhadap peraturan hukum. Sikap penghargaan terhadap tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu ditunjukkan oleh siswa dengan mematuhi tata tertib tersebut. (4) Penataan atau kepatuhan terhadap peraturan hukum. Penyebab anggapan kepatuhan hukum di SMP Negeri 1 Batu salah satunya karena adanya rasa takut pada sanksi. Hal tersebut yang menjadi tujuan siswa SMP Negeri 1 Batu dalam mematuhi tata tertib sekolah, yaitu menghindari sanksi yang ada, sanksi yang berupa pemanggilan orang tua dan atau diserahkan kepada orang tua.

Ketiga, peran guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib sekolah di SMP Negeri 1 Batu adalah sebagai berikut: (1) guru mata pelajaran PKn SMP Negeri 1 Batu sebagai pembimbing siswa dalam mematuhi peraturan atau tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu, seorang guru PKn membimbing dengan memberikan sosialisasi tentang tata tertib selama menjadi siswa SMP Negeri 1 Batu, selalu memeberikan pengarahan atau nasihat kepada siswa agar tidak melanggar tata tertib, dan jika siswanya melanggar tata tertib yang ada selalu menasihati dan mengingatkannya atau memberi hukuman ringan seperti menyapu, menghapus papan tulis ketika pergantian pelajaran, atau mengambil alat-alat sekolah dikantor yang bertujuan memberikan rasa jera untuk tidak mengulangi pelanggaran lagi, (2) guru mata pelajaran PKn SMP Negeri 1 Batu sebagai pengawas siswa dalam mematuhi peraturan atau tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu, selama jam pelajaran berlangsung para guru PKn selalu mencatat kejadian yang ada di dalam kelas ke dalam buku jurnal guru, maupun ketika siswa beraktivitas di luar kelas hingga diluar lingkungan sekolah, (3) guru mata pelajaran PKn SMP Negeri 1 Batu sebagai motivator siswa dalam mematuhi peraturan atau tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu, guru-guru mata pelajaran PKn SMP Negeri 1 Batu memotivasi siswa-siswanya melalui nasihat-nasihat di kelas atau nasihat personal dengan siswa dan selalu mengingatkan siswa untuk mematuhi tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu setiap harinya, (4) guru mata pelajaran PKn SMP Negeri 1 Batu sebagai contoh peranan atau model bagi siswa dalam mematuhi peraturan atau tata tertib yang ada di SMP Negeri 1 Batu, para guru mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Batu memberi contoh peran dengan selalu berpenampilan sopan dan tidak berlebihan pada saat mengajar, tidak membawa HP pada waktu mengajar, dan lain sebagainya.