SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2011/2012)

Bayu Rahman Abadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Abadi, Bayu Rahman. 2012. Motivasi Mahasiswa Memilih Program Study PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (Study Kasus Mahasiswa Angkatan 2011/2012). Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwarno Winarno, (2) Yuni Astuti S.H. M.Pd

 

Kata Kunci : motivasi, jurusan dan atau Program studi PPKn

 

Mahasiswa angkatan 2011/2012 jurusan dan atau Program studi PPKn memiliki motivasi tersendiri dalam memilih Jurusan dan atau Program studi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Motivasi mahasiswa memilih jurusan dan atau Program studi PPKn timbul karena faktor diri sendiri (internal) dan faktor lingkungan (eksternal). Sebelum memilih Jurusan dan atau Program studi PPKn, mahasiswa pasti memiliki pemahaman terlebih dahulu tentang Jurusan dan atau Program studi PPKn. Mahasiswa tahu bahwa konteks lulusan jurusan dan atau program studi PPKn adalah menjadi guru PKn pada tingkat SMP, SMA, dan SMK. Menjadi seorang guru, mahasiswa Jurusan dan atau Program studi PPKn harus memiliki pemahaman terhadap profesi guru, tugas dan fungsi seorang guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011/2012 terhadap Program studi PPKn, (2) pemahaman mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011/2012 terhadap profesi guru, (3) faktor internal yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011/2012 memilih program studi PPKn, (4) faktor eksternal yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2011/2012 memilih program studi  PPKn.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tahapan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2011/2012 Jurusan dan atau Program studi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap Jurusan dan atau Program studi PPKn sesuai dengan visi, misi, dan tujuan dari Jurusan dan atau Program studi PPKn. Mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap profesi guru sesuai dengan tugas dan fungsi guru, mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Motivasi mahasiswa memilih Jurusan dan atau Program studi PPKn yang berasal dari faktor internal, yaitu: ketertarikan mahasiswa terhadap mata pelajaran PKn ketika duduk di bangku SMA, keinginan menjadi guru PKn pada jenjang SMP, SMA, dan SMK. Motivasi eksternal mahasiswa memilih Jurusan dan atau Program studi PPKn, yaitu: keinginan untuk menjadi guru karena gaji yang layak dan tunjangan yang besar, orang tua mahasiswa menginginkan anaknya menjadi seorang guru. Saran yang dapat diajukan adalah Bagi Jurusan dan atau Program Studi PPKn hendaknya lebih meningkatkan mutu dan kualitas, mengoptimalkan fasiltitas yang tersedia di Jurusan dan atau Program Studi PPKn, dan membuat kebijakan yang memudahkan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. mahasiswa yang memiliki motivasi tersendiri dalam pemilihan Jurusan dan atau Program Studi PPKn, hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar. Bagi Orang tua hendaknya memberikan motivasi atau dorongan untuk meningkatkan prestasi belajar yang dapat membangun masa depan putra-putrinya menjadi lebih baik.