SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sikap Nasionalisme di Kalangan Pecinta Lagu dan Penyanyi Korea yang Tergabung dalam Komunitas Korea Pop Fandom Malang

Dian Mariani

Abstrak


ABSTRAK

 

Mariani, Dian. 2012. Sikap Nasionalisme di Kalangan Pecinta Lagu dan Penyanyi Korea yang Tergabung dalam Komunitas Korea Pop Fandom Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H, (II) Drs. Margono, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: KFM,  fandom, Korea, komunitas, nasionalisme

 

Komunitas Korea Pop Fandom Malang (KFM) adalah salah satu komunitas pecinta lagu dan penyanyi Korea yang ada di Kota Malang. KFM ini merupakan salah satu komunitas yang tersubordinasi oleh budaya Korea yang mendunia. Adanya fenomena ini, maka penulis berusaha mengkaji dan meneliti dari aspek sikap nasionalisme dari anggota KFM tersebut. Masalah yang diteliti adalah pertama, bagaimana karakteristik anggota Komunitas Korea Pop Fandom Malang? Kedua, bagaimana wawasan  nasionalisme anggota Komunitas Korea Pop Fandom Malang? Ketiga, bagaimana pendapat anggota Korea Pop Fandom Malang terhadap sikap nasionalisme? Keempat, bagaimana bentuk-bentuk perwujudan sikap nasionalisme anggota Korea Pop Fandom Malang ?

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk. Menjelaskan karakteristik anggota Komunitas Korea Pop Fandom Malang, menjelaskan wawasan  nasionalisme anggota Komunitas Korea Pop Fandom Malang, menjelaskan pendapat anggota Korea Pop Fandom Malang terhadap sikap nasionalisme, dan menjelaskan bentuk-bentuk perwujudan sikap nasionalisme anggota Korea Pop Fandom Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah ketua, pengurus, dan anggota KFM. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah pertama, karakteristik dari anggota KFM adalah anggota perempuan lebih mendominasi, anggota KFM didominasi oleh mahasiswa, anggota KFM berasal dari Kota Malang dan dari luar Kota Malang, KFM menyukai jenis lagu Korea pop, ballad, dan R&B, anggota KFM memiliki berbagai alasan untuk menyukai lagu-lagu dan penyanyi Korea, dan cara anggota KFM menunjukkan bentuk rasa cinta terhadap lagu dan penyanyi Korea. Kedua, wawasan nasionalisme anggota KFM memaknai nasionalisme sebagai cinta tanah air dan anggota KFM memberi contoh wujud nasionalisme. Ketiga, pendapat anggota KFM mengenai nasionalisme ialah pendapat mengenai alasan cinta tanah air sebagai sikap nasionalisme dan pendapat tentang wujud sikap nasionalisme. Keempat, wujud sikap nasionalisme mereka ialah membuat gathering yang bernuansa bakti sosial, menggabungkan antara tarian tradisional bali dengan dance cover korea, memperingati hari kemerdekaan Indonesia, dan anggota KFM memakai baju batik sebagai dresscode dalam acara Indonesia loves Taeyeon by SONEID.

Dari penelitian ini dapat ditarik empat simpulan,yaitu pertama, karakteristik yang dimiliki oleh anggota KFM ialah  anggota perempuan dan mahasiswa lebih mendominasi jumlah anggota KFM,   anggotanya berasal dari Kota Malang dan dari luar Kota Malang, menyukai jenis lagu Korea pop, ballad, dan R&B, menyukai  penyanyi solo, boy band,dan  girl band Korea, dan memiliki berbagai alasan menyukai lagu dan penyanyi Korea. Kedua, anggota KFM memiliki wawasan nasionalisme sebagai cara pandang terhadap cinta tanah air dan perlu adanya perwujudan terhadap cara pandangan tersebut dalam kehidupanny. Ketiga, anggota KFM berpendapat bahwa sikap nasionalisme itu merupakan perwujudan sikap kebangsan yang cintai tanah air Indonesi dengan cara berprestasi untuk bangsa Indonesia, menyeleksi budaya asing yang masuk ke Indonesia, mencintai pahlawan nasional Indonesia, menjaga budaya dan wilayah Indonesia dari klaim bansa asing,dan tidak setuju dengan pihak yang membenci terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya. Keempat, wujud sikap nasionalisme dari anggota KFM adalah berupa gathering yang bernuansa bakti sosial, menggabungkan antara tarian tradisional Bali dengan dance cover Korea, dan memakai baju batik sebagai dresscode dalam acara Indonesia Loves Taeyeon By SONEID.

Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini pertama, bagi ketua KFM, agar engajak aggota KFM agar tidak melupakan nasionalisme Indonesia, membuat gathering yang bernuansa nasionalisme, tetap memasukkan budaya Indonesia di dalam komunitas KFM, dan berrsifat selektif terhadap pengaruh budaya Korea yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. Saran bagi anggota KFM yaitu, untuk dapat meningkatkan pemahaman anggota KFM tentang konsep nasionalisme, aggota KFM perlu memperdalam pemahaman dan pengetahuan mereka tentang konsep nasionalisme, dan sikap nasionalisme yang telah disebutkan oleh anggota KFM sebaiknya digunakan sebagai sikap nasionalisme dalam kehidupannya. Bagi penelitian lanjutan yaitu diharapkan pada penelitian lanjutan dapat meneliti lebih dalam mengenai bentuk dari wujud nasionalisme yang dilakukan oleh Komunitas Korea Pop Fandom Malang. Bagi pendidikan kewarganegaraan yaitu diharapkan sikap nasionalisme ini ditanamkan di pendidikan sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Karena dalam pendidikan ini generasi penerus bangsa akan muncul dan menjadi individu yang nasionalis dan tidak melupakan jati diri bangsa.