SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Materi Budaya Politik Partisipan Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA)

Lailatul Fitriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyah, Lailatul. 2011. Pengembangan  Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Materi Budaya Politik Partisipan Untuk Siswa Kelas XI  Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Nur Wahyu R., M.Pd., M. Si. (I)  Hj.Yuniastuti, S.H., M. Pd. (II)

 

Kata kunci: bahan ajar, PKn, PQ4R, budaya politik

Saat ini kurikulum yang diberlakukan adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan. Implikasi perubahan tersebut menuntut sekolah dan guru yang mengemas totalitas menu kurikulum dan bahan ajar di tingkat kelas. Pengembangan kurikulum yang berbeda antara satu sekolah dan sekolah yang lain menghapus adanya buku paket. Keadaan yang demikian menimbulkan masalah baru bagi guru. Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih, menentukan dan mengembangkan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dan memadai. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah penelitian dan pengembangan bahan ajar.

Jenis bahan ajar yang dikembangkan adalah modul dengan strategi PQ4R (preview, question,  read, reflect, recite, review). PQ4R strategi belajar yang menggunakan salah satu konsep model belajar yang mengarah pada konstruktivisme yaitu mengarahkan siswa untuk membangun konsep-konsep yang dipelajarinya menjadi pemahaman yang utuh melalui tahap-tahap tertentu. Strategi PQ4R terdiri dari 6 tahap belajar yakni preview, question,  read, reflect, recite, review. Pengurutan tahapan belajar dilakukan siswa untuk memahami tugas dengan menyeluruh untuk memperoleh keterampilan yang diharapkan dapat diaplikasikan dalam materi belajar secara menyeluruh. Strategi PQ4R merupakan strategi yang paling banyak dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingatkan materi yang mereka baca.

Penelitian ini menggunakan rangcangan penelitian pengembangan. Mengacu pada tahapan penelitian dan pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate) dari Thiagarajan dengan tahap-tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran yang dimodifikasi. Modifikasi ini berupa penyederhanaan. Penyederhanaan model dari empat tahap menjadi 3 tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan. Penyederhanaan ini dilakukan karena peneliti kesulitan untuk melakukan tahap diseminate. Kesulitan tersebut adalah keterbatasan tenaga, dana dan waktu yang dimiliki peneliti. Walaupun hanya 3 tahap, pengembangan sudah dihasilkan modul yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Pengembangan produk dilakukan dengan bimbingan dari Dosen pembimbing. Setelah produk selesai dibuat, dilakukan uji produk. Uji produk menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data yang sudah terkumpul dilakukan dengan menghitung nilai rata-rata tiap bagian dan secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil uji bahan ajar (produk) kepada 9 orang guru PKn dari 6 SMA Negeri di kabupaten Mojokerto diperoleh nilai rata-rata 3,15 dan uji coba kepada 20 orang siswa SMA Negeri 1 Kutorejo diperoleh nilai rata-rata 3,11. Hal ini menunjukkan bahwa produk masuk dalam kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa produk berupa modul yang dihasilkan sudah menarik dari segi tampilannya, penyajian isinya dan ilustrasinya. Kelayakan isi, strategi pembelajaran dan soal evaluasi yang digunakan juga sudah memadai. Uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan menarik, bisa dipahami dan diikuti dengan baik oleh siswa. Revisi produk tetap dilakukan dengan mempertimbangkan hasil uji coba dan saran, komentar serta kritik dari Dosen Pembimbing.

Saran yang diberikan dari hasil penelitian dan pengembangan ini antara lain: bahan ajar hasil pengembangan ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan strategi PQ4R dan dapat digunakan sebagai rujukan pengembangan bahan ajar, bahan ajar yang dikembangkan ini mencakup satu standart kompetensi masih diperlukan  adanya bahan ajar untuk standart kompetnsi yang lain dan bahan ajar ini masih perlu penyempurnaan melalui uji coba lapangan (uji coba empiris) baik melalui penelitian eksperimen atau penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga memperoleh bahan ajar yang teruji/tervalidasi.