SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Limbah Pabrik Kertas Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.

Otong Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Otong. 2011. Dampak Limbah Pabrik Kertas Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.: (I) Drs. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si, (II) Rusdianto Umar, S.H, M.Hum.

 

Kata Kunci: Dampak Limbah Pabrik Kertas, Kehidupan Sosial Ekonomi

Masyarakat Limbah pabrik kertas adalah buangan yang dihasilkan oleh industri pulp dan kertas, dimana limbah ini merupakan zat buangan yang sudah tidak digunakan lagi dalam proses produksi pulp dan kertas. Zat kimia buangan atau limah tersebut apabila dibuang langsung ke kawasan pemukiman warga akan mengakibatkan dampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat, diantaranya berdampak pada mata pencaharian, pendapatan masyarakat, penyerapan tenaga kerja dan kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk; (2) mendeskripsikan dampak limbah pabrik kertas terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupeten Nganjuk; (3) mendeskripsikan upaya masyarakat mengatasi dampak limbah pabrik kertas di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk; (4) mendeskripsikan upaya Pemerintah mengatasi dampak limbah pabrik kertas di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Lokasi penelitan di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Sumber data dalam penelitian ini adalah manusia, peristiwa dan dokumen.

Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk dan warga Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Prosedur analisis data dengan prosedur reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) kehidupan sosial ekonomi masyarakat Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk memiliki pendapatan dari pertanian padi sebesar Rp. 16.000.000/Ha tiap panen dan dari tebu sebesar Rp. 15.000.000/Ha tiap panen, buruh tani sebesar Rp.25.000/hari, sementara mata pencaharian masyarakat adalah petani dengan padi dan tebu sebagai tanaman pertanian masyarakat,selain itu ada juga yang membukan warung, kesehatan masyarakat mengalami gangguan dengan sering terjadi penyakit kulit berupa gatal-gatal dan iritasi mata, juga terjadi keresahan dalam masyarakat dengan adanya penyakit kulit dan iritasi mata serta bau; (2) limbah pabrik kertas di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk dapat menambah pendapatan masyarakat dengan dimanfaatkan limbah pabrik kertas sebagai pupuk sehingga mengurangi biaya pemebelian pupuk, petani dapat mnghemat sebesar Rp. 250.000,meskipun kerugian warga tidak dapat di ganti dengan uang Rp 250.000 saja, adanya limbah pabrik kerta stidak mengubah mata pencaharian masyarakat sebagai petani, kesehatan masyarakat terganggu dengan adanya limbah menimbulkan penyakit kulit dan iritasi mata, sehingga masyarakat menjadi resah karena adanya limbah menimbulkan penyakit serta bau yang tidak sedap; (3) masyarakat Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk menggunakan mesin diesel dalam mendapatkan air bersih, selain itu masyarakat berupanya dengan melakukan aksi ii demonstrasi atau unjuk rasa; (3) pemerintah Kabupaten Nganjuk dirasa belum memberikan solusi pemecahan masalah pencemaran lingkungan, namun dari pihak pabrik sendiri telah beretika baik dengan memberikan ganti rugi berupa sembako melalui pemerintah desa sebagai fasilitator tiap setahun sekali, namun itu dirasa tidak sebanding dengan penderitaan masyarakat.

Berdasarkan temuan penelitian di atas, saran yang diajukan sebagai berikut; (1) Dampak limbah pabrik kertas di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk dirasakan mengganggu masyarakat sekitar, Pemerintah Kabupaten Nganjuk diharapkan lebih memberikan perhatian khusus terhadap pencemaran lingkungan di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Karena apabila hak ini berlarut-larut akan terus menimbulkan keresahan di masyarakat; (2) Pemerintah Kabupaten Nganjuk diharapan mampu memberikan solusi untuk dapat menangani dampak limbah pabrik kertas di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, supaya dampak negatif limbah pabrik kertas tersebut dapat dikurangi; (3) Pabrik kertas PT. Jaker yang membuang limbah ke sungai Klinter diharapkan dapat mengolah lagi limbah yang dibuang di sungai Klinter, supaya limbah yang mengalir ke sungai Klinter tidak menimbulkan dampak yang dapat merugikan kehidupan masyarakat sekitar kawasan pembuangan limbah pabrik kertas.