SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Desa Somoroto Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo

Nuri Prabawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabawati, Nuri. 2011. Partisipasi Masyarakat dalam Proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Desa Somoroto Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaran, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hj. Suparlan, (II) Rusdianto Umar, S. H, M. Hum.

 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Musrenbang

Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang disingkat dengan Musrenbang adalah forum perencanaan pembangunan yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk merumuskan program pembangunan tahun berikutnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Musrenbang Desa Somoroto, partisipasi masyarakat dalam Musrenbang, serta hambatan dalam pelaksanaan Musrenbang di Desa Somoroto. Berdaarkan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Desa Somoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan jenis penelitian, yang dijadikan sumber data adalah informan dan dokumen. Sedangkan dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan 3 cara/metode, yaitu: (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan datadilakukan dengan menggunakan Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensial, kajian kasus negatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: pada tanggal 20 Januari 2011 dilaksanakan Musrenbang Desa Somoroto bertempat di Balai Desa Somoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo dengan tema “Musyawarah Rencana Pembangunan dalam  Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Musrenbang Desa Somoroto menghasilkan RKP yang berisikan lima program pembangunan yang disepakati bersama. Partisipasi masyarakat desa Somoroto dalam Musrenbang yaitu: (1) Memberikan ide-ide usulan program pembangunan yang akan dijalankan, (2) Prakarsa penggalangan dana pembangunan, (3) Menghadiri rapat MusrenbangDes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa), (4) Melaksanakan gotong royong dalam melaksanakan pembangunan Desa. Dalam pelaksanaan Musrenbang tidak lepas dari kendala.Beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Musrenbang adalah: (1) Adanya kesulitan pada saat memutuskan program yang akan diprioritaskan, (2) Dalam penyampaian aspirasinya, masyarakat cenderung masih memiliki daya analisis yang lemah terhadap kebutuhan pembangunan di daerahnya, dan (3) Belum adanya sinergi berbagai sumber dana pembangunan yang dimiliki desa.