SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh remaja (Studi di Polres Malang)

Fanky Yuda An'asyari

Abstrak


Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh remaja dengan studi di Polres Malang, hal ini mengingat bahwa kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh remaja yang terjadi di wilayah kabupaten malang semakin meningkat hal ini bias dilihat dari bulan Agustus sampai dengan November 2008 dari 25 kasus pencurian yang terjadi kasus diantaranya dilakukan oleh remaja dengan umur 16 sampai 20 tahun. Melihat fakta tersebut maka penulis menilai bahwa wilayah kabupaten malang cocok untuk dijadikan obyek penelitian.

    Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh remaja dan upaya-upaya apa yang dilakukan oleh pihak kepolisian Polres Malang dalam mengatasi fenomena dalam masyarakat seperti itu. Maka metode pendekatan yang digunakan penulis menilai bahwa wilayah kabupaten malang cocok untuk dijadikan obyek penelitian.

    Dalam upaya untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh remaja dan upaya-upaya apa yang dilakukan oleh pihak kepolisian Polres Malang dalam mengatasi fenomena dalam masyarakat seperti itu. Maka metode pendekatan yang digunakan penulis adalah Yuridis Sosiologis yang mana memaparkan realitas sosial yang ada mengenai kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan oleh remaja yang kemudian dikaji lebih lanjut. Berdasarkan teori-teori hukum dan asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang permasalahan. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara Deskriptif Analisis.

    Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, yaitu bahwa pencurian kendaraan bermotor oleh remaja tersebut disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor intern diantaranya, faktor intelegentia, faktor usia, faktor kelamin, faktor kedudukan dalam keluarga, dan faktor Ekstern yang diantaranya faktor lingkungan baik itu lingkungan pendidikan, keluarga, dan pergaulan. Keluarga merupakan faktor penyebab dominan di antara faktor yang lainya karena keluarga memiliki fungsi yang fundamental sebagai pembentuk dari kepribadian moral remaja tersebut. Sedangkan perihal upaya-upaya yang dilakuka oleh pihak Polres Malang sendiri adalah melalui upaya preventif yang meliputi pembinaan dan penyuluhan atau juga disebut upaya pencegahan dan upaya represif yaitu bertujuan memperbaiki perilaku para pelaku kejahatan dengan pemberian hukuman dan sanksi pemidanaan yang mana upaya preventif sudah tidak dapat dilakukan lagi.

    Dengan adanya usaha yang menyeluruh ini, diharapkan masalah tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di wilayah kabupaten malang dapat segera teratasi sehingga tidak menggangu perkembangan yang ada di kabupaten Malang serta di Indonesia pada umumnya.