SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan pembelajaran kontruktivistik pada mata pelajaran pkn di kelas VII SMP NEGERI 2 KALIANGET SUMENEP MADURA

Fahmi Nurhayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhayati, Fahmi. 2006. Penerapan Pembelajaran Konstruktivistik pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep Madura. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu  Sosial, Universitas Negeri malang. Pembimbing: (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si, (II) Siti Awaliyah,S.Pd,M.Hum.

 

Kata kunci : Pembelajaran konstruktivistik, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Berbagai upaya dapat dilakukan oleh guru agar siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar. Salah satu model pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan adalah penerapan pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivistik melalui Cooperative Learning model jigsaw. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapan pembelajaran konstruktivistik pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep Madura adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PKn dengan  menggunakan pendekatan konstruktivistik  kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep Madura; (2) Bagaimana hambatan-hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik; (3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pembelajaran PKn dengan pendekatan konstruktivistik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PKn dengan  menggunakan pendekatan konstruktivistik  kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep Madura; (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik; (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pembelajaran PKn dengan pendekatan konstruktivistik.

Pendekatan dan jenis penelitian adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan para siswa di SMP Negeri  2 Kalianget Sumenep Madura. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget Sumenep Madura adalah dengan menyusun silabus, RPP dan perancanaan metode pembelajaran model jigsaw. Kemudian guru membagi suatu kelas menjadi beberapa kelompok, setelah kelompok awal diberi masalah kemudian membentuk kelompok ahli untuk membaur sesuai dengan anggota kelompoknya. Setelah tergabung pada kelompok ahli kembali kekelompok awal, sharing dengan anggota kelompok awal dalam memecahkan masalah. Kemudian  presentasi masing-masing kelompok ditanggapi kelompok lain. Setelah selesai presentasi kesimpulan hasil diskusi dilakukan bersama-sama antara guru dan siswa. (2) Hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dengan model jigsaw adalah sebagai berikut: (a) dari segi guru: Kurangnya pemahaman guru mengenai penerapan pembelajaran konstruktivistik melalui Cooperative Learning Model Jigsaw; (b) Adanya rasa bosan di dalam mengajar; (c) dari segi siswa: Pada awal pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik melalui Cooperative Learning model Jigsaw yang dilaksanakan, siswa belum terbiasa mengikuti pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivistik melalui Cooperative Learning model jigsaw, karena siswa terbiasa dalam pembelajaran digunakan adalah ceramah; (d) Siswa masih bersifat individual dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru; (e) Untuk mengurangi rasa kebosanan, karena selama ini yang paling banyak diterapkan dengan menggunakan metode yang sifatnya konvensional; (f) Siswa belum terbiasa melakukan sharing dengan teman-teman kelompoknya. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Pembelajaran PKn Dengan Pendekatan Konstruktivistik adalah sebagai berikut: (a) Dari segi guru: Guru senantiasa mempelajari teknik-teknik  mengenai penerapan pembelajaran konstruktivistik melalui Cooperative Learning model Jigsaw di kelas dan menyesuaikan dengan materi yang akan didiskusikan; (b)  Untuk mengatasi adanya rasa bosan, motivasi kurang pada pelaksanaan pembelajaran PKn, maka guru berusaha untuk mencari variasi dalam pelaksanaan pembelajaran; (c) Dari segi siswa: siswa belum terbiasa pembelajaran konstruktivistik melalui Cooperative Learning model Jigsaw karena hanya beberapa siswa dicobakan oleh guru adalah ceramah bervariasi yaitu ceramah di variasi dengan diskusi bahkan diterapkan problem solving; (d) Dalam diskusi model jigsaw, terlihat bahwa siswa yang berkemampuan tinggi membantu siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah; (e) Siswa berupaya untuk berlatih diri, berani mengungkapkan pendapat berusaha untuk mencari informasi  selain yang diberikan oleh guru sebagai bahan untuk memecahkan masalah; (f) Siswa merasakan dengan diskusi kelompok model jigsaw ini menambah variasi dalam belajar kelompok karena selama ini siswa belum maksimal berkontribusi pada waktu pelaksanaan tugas yang diberikan oleh guru melalui diskusi kelompok.

Berdasarkan temuan penelitian disarankan agar: (1) penerapan pembelajaran konstruktivistik melalui Cooperative Learning Model Jigsaw memberikan hasil yang positif, oleh karena itu pendekatan ini dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru-guru untuk membelajarkan PKn di sekolah. (2) bagi guru untuk ke depan hendaknya meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif dan menarik lagi. (3) bagi siswa diharapkan untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas serta  belajar lebih giat lagi. (4) diharapkan hasil  penelitian ini dapat  dijadikan bahan referensi dan juga menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaan penelitian yang peneliti lakukan, sehingga penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.