SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Dengan Kinerja Profesional Pendidik PAUD Di PAUD Terpadu Zam Zam Malang

Maulidiya Agustin Almufidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Almufidah, Maulidiya Agustin. 2017. Hubungan antara Kualifikasi Akademik dengan Kinerja Profesional Pendidik PAUD Di PAUD Terpadu Zam Zam Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd. (2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, M.Pd.

 

Kata kunci: kualifikasi akademik, kinerja profesinal pendidik PAUD

 

Latar belakang dari penelitian ini yaitu dari 12 pendidik PAUD, rata-rata pendidiknya masih belum berkualifikasi akademik di bidang PAUD. Sehingga peneliti ingin meneliti hubungan antara kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD. Tujuannya untuk mengetahui: (1) kualifikasi akademik; (2) kinerja profesional pendidik; (3) hubungan kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD di lembaga PAUD Terpadu Zam Zam.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Peneliti mengambil sampel 12 pendidik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis yang digunakan dengan menentukan korelasi antar variabel melalui SPPS 16.0 dengan teknik nonparametric Wilcoxon dengan tujuan untuk mengetahui dua sampel yang berhubungan (korelasi).

Berdasarkan hasil analisis data, diketahui program kualifikasi akademik bahwa pendidik PAUD sudah memenuhi kualifikasi akademik dengan presentase 45%, sehingga termasuk kedalam kategori cukup berkualifikasi akademik.Kinerja profesional pendidik PAUD dinyatakan dalam kategori profesional dengan presentase 45%, sehingga termassuk kedalam kategori cukup profesional.

Kesimpulannya, rata-rata dari kualifikasi akademik melalui tingkat derajat kelulusan pendidik yaitu sebesar 45%. Artinya pendidik PAUD memiliki sikap usaha untuk memelihara dan mempertahankan kompetensi.Rata-rata dari kualifikasi akademik melalui tingkat keikutsertaan dalam program pelatihan yaitu sebesar 45%. Artinya pendidik PAUD juga berperan aktif kedalam kegiatan pelatihan. Rata-rata dari kinerja profesional pendidik PAUD yaitu sebesar 5% dengan jumlah rata-ratanya sebesar 45%. Melihat hal tersebut, maka termasuk kedalam kategori cukup profesional. pembelajaran.Berdasarkan nilai asymp sig dari sub variabel ijazah dan pelatihan yaitu 0,008 dan 0,007, artinya < α = 0,05. Sehingga terdapat hubungan signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja profesional pendidik

Saran ini diberikan kepada: (1) lembaga, masukan kepada penyelenggara pendidikan anak usia dini dalam pentingnya kualifikasi akademik dengan kinerja profesional pendidik PAUD; (2) pendidik, dapat dijadikan sebagai pengetahuan tentang pentingnya kualifikasi akademik, agar dapat meningkatkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik; (3) mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian sejenis dan lanjutan; (4)Peneliti selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan meneliti faktor-faktor lain yang dimungkinkan mempengaruhi variabel kinerja profesional pendidik. Mengukur kinerja profesional menggunakan instrument lain (selain angket) misalnya tes, portofolio, observasi, dan penelitian sejawat.

 

 

ABSTRACT

 

Almufidah, Maulidiya Agustin. 2017. The Correlation Between Academic Qualification With Professional Performance Of PAUD Teacher in PAUD Terpadu Zam Zam Malang. Thesis, Non Formal Education, Education Faculty, State University of Malang. Advisors: (1) Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd. (2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, M.Pd.

 

Key Words : academic qualification, professional performance of PAUD teacher

 

The background of research are from 12 PAUD teacher, the average teacher not yet academic qualification in PAUD. With the result that researcher want to research correlation between academic qualification with professional performance of PAUD teacher. The purposes to know: (1) academic qualification; (2) professional performance teacher; (3) The Correlation Between Academic Qualification With Professional Performance Of PAUD Teacher in PAUD Terpadu Zam Zam Malang.

Method of the research is quantitative with correlation plan. The researcher are taken 12 teacher. The instrument research using questioners. The data analysis is done using correlation between variable with the help of SPSS 16.0 program technique nonparametric Wilcoxon, while purpose to know two sample correlation. Based on analyze data result, knowing academic qualification program is PAUD teacher already fulfill academic qualification with presentation 45%, with the result that include in category professional enough.

The conclusion is , average from academic qualification through degree phase teacher 45%. That’s meaning PAUD teacher has effort attitude to care and maintain competency. The average for academic qualification through participate phase in training program is 45%. That’s meaning PAUD teacher also active role in training activity. The average professional performance of PAUD teacher is 5% with total average is 45%. Observe the result, then include in category professional enough. Learning base on value asymp sig from sub variable diploma and training are 0,008 and 0,007, that’s meaning < α = 0,05. With the result that there are significant correlation between academic qualification with professional performance Of PAUD teacher.

The suggestion giving to : (1) the institute, for organized PAUD important to academic qualification with professional performance Of PAUD teacher; (2) the teacher, can use knowledge about important academic qualification to increase professional performance as teacher; (3) student of non formal education, can using reverence for research of a kind; (4) the next researcher, base on result hoping can continue with research about other factor-factor as possible influence variable professional performance teacher. Measure professional performance with other instrument (not only questioner) like test, portfolio, observation, and research colleague.