SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Hasil Belajar dengan Keberhasilan Usaha Alumni Diklat Kewirausahaan bagi Petani Muda di BBPP Batu

ma'rifatul latifah latifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ma’rifatul Latifah. 2017. Hubungan antara Hasil Belajar dengan Keberhasilan Usaha Alumni Diklat Kewirausahaan bagi Petani Muda di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono, M.Pd, (II) Drs. H. Nurhadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: hasil belajar, keberhasilan usaha.

 Hasil belajar merupakan hasil dari suatu tindakan belajar dan mengajar seperti yang tertuang dalam ijazah.Dalam sebuah program pelatihan, hasil belajar dapat diketahui dengan melakukan monitoring dan evaluasi.Tujuan monitoring dan evaluasi adalah untuk menilai tercapai atau tidaknya tujuan program/kegiatan yang dilaksanakan. Hasil monitoring dan evaluasi dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi pengambil keputusan untuk perbaikan program/kegiatan yang sedang berjalan maupun kebijakan dan perencanaan di masa mendatang.Hal ini jika dihubungkan dengan penelitian ini jika peserta diklat memiliki hasil belajar yang baik maka akan terjadi perubahan perilaku peserta diklat yang berimbas pada keberhasilan usaha mereka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar dan keberhasilan usha alumni diklat, serta untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar dengan keberhasilan usaha alumni diklat kewirausahaan bagi petani muda di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis korelasiPearson product moment. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabelhasil belajar (pre test, post test, dan kemajuan berlatih)dan variabelkeberhasilan usaha alumni. Variabelhasil belajar didapat dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu berupa perolehan skor kemajuan berlatih. Variabel keberhasilan alumni diklat didapat melalui kuesioner yang disebarkan kepada peserta diklat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner.

Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan koefisien determinasinya sebesar 0,0009 % antara hasil belajar (pre test) dengan keberhasilan usaha alumni diklat kewirausahaan di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.(2) terdapat hubungan yang signifikan dengan koefisien determinasinya sebesar 66,9 %antara hasil belajar (post test) dengan keberhasilan usaha alumni diklat kewirausahaan di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.(3) terdapat hubungan yang signifikan dengan koefisien determinasinya sebesar 28,9 % antara hasil belajar (kemajuan berlatih) dengan keberhasilan usaha alumni diklat kewirausahaan di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.

 

Saran hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perlu dilakukannya perbaikan dan pengembangan materi pelatihan, metode pelatihan serta hal-hal yang dapat menunjang keberhasilan sebuah program diklat yang ditandai dengan meningkatnya pengetahuan, kemampuan dan motivasi peserta diklat, sehingga mampu meningkatkan keberhasilan usaha alumni.(2) perlunya pendampingan atau bimbingan lanjutan serta penghubungan dengan koperasi - koperasi penunjang modal kepada alumni diklat, sehingga pihak balai dapat memberikan pengarahan lebih lanjut dan penambahan modal dalam mengembangan usaha di daerah alumni masing-masing.(3) sebagai wirausahawan tentunya tidak mencari informasi dan keterampilan terbatas hanya melalui diklat kewirausahaan di BBPP Batu saja, ilmu-ilmu kewirausahaan dapat diperoleh dari berbagai sumber meliputi buku, internet, maupun saling belajar di grup yang terdiri dari para wirausahawan.