SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS EVALUASI HASIL BELAJAR NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU AJAR KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SEKOLAH DASAR

Yudh Adhi Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya, Yudha A. 2017. Analisis Evaluasi Hasil Belajar Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kelas V Tema  Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd., M.Si, (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd.

 

Kata Kunci: Nilai Karakter, Buku Ajar, Buku Siswa, Evaluasi

Proses penanaman nilai-nilai karakter sudah tercantum pada kurikulum yang berlaku di Indonesia, yaitu kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013, nilai-nilai karakter diintegrasikan pada bahan atau materi pelajaran yang pada buku siswa. Pada penelitian sebelumnya yang terkait dengan nilai-nilai karakter pada buku siswa ditemukan fakta bahwa nilai-nilai karakter sudah termuat pada buku siswa tetapi belum terfokus pada bagian evaluasi. Sebagai upaya lanjutan dari hal tersebut maka penelitian ini dilakukan. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti lebih memfokuskan kepada muatan nilai-nilai karakter yang tertuang dalam instrumen-instrumen evaluasi kofnitif, psikomotor, dan afektif pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita Sekolah Dasar.

Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, menghasilkan temuan bahwa pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita terdapat muatan nilai-nilai karakter. Dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada standart isi kurikulum 2013, pada buku siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kita telah memuat 18 nilai karakter tersebut, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai karakter tersebut termuat pada bagian evaluasi yang terbagi menjadi evaluasi kognitif, evaluasi psikomotor, dan evaluasi afektif yang pada setiap evaluasi memiliki jumlah muatan nilai karakter yang berbeda. Dari 240 temuan yang memuat nilai-nilai karakter, terdapat 193 karakter yang muncul pada bagian evaluasi kognitif, 21 nilai karakter yang muncul pada bagian psikomotor, dan 26 nilai karakter yang muncul pada bagian afektif. Selain itu, terdapat nilai karakter baru yang munul pada bagian evaluasi, yaitu teliti, cermat, dan percaya diri.

 

Berdasarkan hasil dan temuan penelitian, peneliti memberi saran kepada pemerintah untuk mengkaji dan menambahkan nilai karakter baru. Selanjutnya, bagi penulis atau pengarang buku sebaiknya melakukan perbaikan tentang muatan nilai karakter pada evaluasi kognitif, afektif, dan psikomotor dan menambahkan nilai karakter baru di dalamnya. Sementara itu, untuk peneliti lain dapat mengembangkan dengan cakupan yang lebih luas dalam mengkaji buku siswa kelas 5 pada keseluruhan tema dengan metodologi yang berbeda.