SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MODEL PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA DI WILAYAH SUB-URBAN (Studi Kasus Pada Keluarga di Kelurahan Buring Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Fitria Nur Laili

Abstrak


ABSTRAK

 

Laili, Nur Fitria. 2017. Model Pendidikan Anak Pada Keluarga Di Wilayah Sub Urban (Studi Kasus Pada Keluarga di Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lasi Purwito, M.S., (II) Sopingi, S.Sos., M.Pd.

 

Kata Kunci: model pendidikan anak, peran orangtua

Keluarga merupakan komponen lingkungan pendidikan yang utama bagi tumbuh kembang anak, selanjutnya lingkungan sekolah dan masyarakat. Peran orangtua dalam mendidik anak ialah memberikan pendidikan dasar sikap, keterampilan dan keagamaan. untuk itu peran orangtua dalam mendidik anak sangat berpengaruh terhadap pembentukan pribadi dan karakter anak di masa dewasanya adapun dampak dari minimnya peran orangtua dalam  mendidik anak ialah meningkatnya tindak pelanggaran norma susila, dan  meningkatnya tindak kekerasan yang dilakukan remaja atau anak di bawah umur. Berkenaan dengan itu perlu adanya pembahasan mengenai peran orangtua dalam mendidik anak pada keluarga sub urban dilihat dari teori modal sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, model pendidikan anak pada  keluarga di Wilayah sub urban.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan  jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah keluarga Bapak Irwan di Kelurahan Buring Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui  reduksi data, display data dan verifikasi data. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan teknik triangulasi data sumber dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menyatakan bahwa peran orangtua dalam  mendidik anak diperlukan (1) adanya partisipasi dari keluarga dan lingkungan sekitar dalam mendukung pendidikan anak, (2) adanya  altruism  orangtua terhadap anak, (3) adanya trust  yang diberikan orangtua pada anak, dan (4) adanya upaya-upaya pembiasaan yang diberikan orangtua pada anak.

 

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diberikan (1) bagi orangtua dalam  mengajarkan kepercayaan yang didasari keterbukaan pada anak orangtua harus tetap memperhatikan batasan dan privasinya, agar tidak berdampak negatif pada perkembangan anak, (2) bagi lingkungan sekitar rumah Bapak Irwan diharapkan untuk turut serta dalam mensukseskan pendidikan anak di dalam pendidikan informal,  (3) bagi tetangga sekitar rumah Bapak Irwan diharapkan untuk dapat menjalin hubungan sosial dengan keluarga Bapak Irwan mengingat pentinganya mengajarkan anak akan sebuah hubungan sosial