SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perpustakaan Desa Srikandi Sebagai Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang

Lia Fitriana

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriana Lia. 2017. Perpustakaan Desa Srikandi Sebagai Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Luar sekolah.Pembimbing: (1) Dr. M. Ishaq, M.Pd, (2), Dr. Zulkarnain, M.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: sumber belajar, pemberdayaan, pelatihan

Perpustakaan Desa Srikandi Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang adalah salah satu perpustakaan yang bukan hanya menyediakan sumber belajar bagi masyarakat akan tetapi juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat. Penulis bermaksud untuk meneliti tentang Perpustakaan Desa Srikandi Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang sebagai pusat pemberdayaan masyarakat.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Peneliti sebagai instrumen memperoleh informasi mengunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan studi.

Perpustakaan Desa Srikandi Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dengan perannya sebagai pusat sumber belajar tidak hanya menyediakan berbagai jenis buku, namun juga mengadakan berbagai kegiatan edukatif untuk setiap kalangan masyarakat. Perpustakaan Desa Srikandi Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang merupakan pusat memberdayakan masyarakat. Pemberdayaan dilakukan dengan mengadakan kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan tersebut diadakan Perpustakaan Desa Srikandi adalah sebagai bentuk pelayanan perpustakaan kepada masyarakat. Mayarakat yang berdaya adalah para peserta pelatihan salon kecantikan, telur asin, dan bandeng presto. Melalui kegiatan pelatihan ini peserta pelatihan dapat membuka usaha di rumah mereka. Peserta pelatihan tersebut ialah Ibu Lila, Ibu Wiwin telur asin, dan Ibu Puji.

 

Berdasarkan penelitian ini diharapkan pengelola Perpustakan Srikandi Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dapat memperbaiki program kerjanya. Hendaknya para pengurus perpustakaan dalam setiap perencanaan pemberdayaan dimusyawarahkan dengan sebaik mungkin sehingga dalam penerapanya dapat berjalan dengan baik. Kepada Tim Pengerak PKK Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan dalam pemberdayaan masyarakat.