SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kegiatan Cooking Dash Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang

Dewi Nindya Suci Rahma

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahma, Dewi Nindya Suci. 2017. Penerapan Kegiatan Cooking Dash Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Tumardi, S.Pd, M.Pd, (II) Wuri Astuti, S.Pd.

 

Kata Kunci: Kegiatan Cooking Dash, Motorik Kasar, Capaian Belajar

Berdasarkan hasil pengamatan pada kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang, diketahui bahwa keterampilan motorik kasar anak belum berkembang optimal.Anak kurang terampil melakukan gerakan terkoordinasi secara terkontrol, seimbang, dan lincah.Tampak 15 dari 21 anak belum terampil melakukan gerakan yang menunjukkan kelincahan dan kecepatan.Selain itu, 13 dari 21 anak belum terampil melakukan gerakan yang menunjukkan kelentukan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan cooking dash pada kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang, (2) mendeskripsikan apa saja peningkatan capaian belajar anak dengan diterapkannya kegiatan cooking dash pada kelompok B1 TK Negeri Pembina 2 Kota Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus, terdiri atas (1) perencanaan, (2) pengamatan, (3) refleksi, (4) memperbaiki perencanaan.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang digunakan meliputi, data keefektifan pembelajaran, data kemenarikan pembelajaran serta data efisiensi pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B1 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiataan cooking dash dapat meningkatkan capaian belajar anak kelompok B1.Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I terdapat 15 anak mencapai KD 3.3 dan 3.4 dan pada siklus II meningkat menjadi 21 anak. Pada KD 2.7 jumlah anak  mencapai sebanyak 17 anak pada siklus I menjadi 21 anak pada siklus II. Begitu juga dengan KD 3.2 jumlah anak mencapai sebanyak 14 anak pada siklus I kemudian meningkat menjadi 21 anak pada siklus II. Sedangkan KD 4.9, 3.10 dan 2.4 dapat dicapai oleh seluruh anak sejumlah 21 anak.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan cooking dash dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dan capaian belajar yang lainnya. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran, dan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan kegiatan cooking dash untuk meningkatkan capaian belajar yang lain di kompetensi dasar yang berbeda sesuai dengan kurikulum yang berlaku.