SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pola Asuh Ayah dengan Perilaku Disiplin Anak di RA Muslimat NU 9 Kota Malang.

Endah Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Endah. 2016. Hubungan Pola Asuh Ayah dengan Perilaku Disiplin Anak di RA Muslimat NU 9 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty, M. Pd, (2) Dr. Zulkarnain Nasution, M. Pd, M. Si.

 

Kata Kunci: pola asuh, anak usia dini, perilaku disiplin.

Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan terpenting. Peran orangtua bagi pendidikan anak memberikan dasar pendidikan, sikap, dan keterampilan dasar seperti pendidikan agama, budi pekerti, sopan santun, estetika, kasih sayang, rasa aman, dasar-dasar untuk mematuhi peraturan dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan. Ayah adalah kepala keluarga yang bertanggung jawab bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga tetapi juga bertanggung jawab dalam pendidikan anak.  Pola asuh merupakan keseluruhan interaksi antara orangtua dengan anak dimana orangtua menstimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilai-nilai yang dianggap paling tepat menurut orangtua agar anak dapat mandiri, tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal.

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan (1) Gambaran pola asuh ayah, (2) Gambaran perilaku disiplin anak di rumah, (3) Mengetahui hubungan antara pola asuh ayah dengan perilaku disiplin anak di rumah. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sampel dalam penelitian ini adalah ayah dari peserta didik RA Muslimat NU 9 Kota Malang sebanyak 125 orang. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif berupa persentase dan uji hipotesis untuk mencari hubungan pola asuh dengan perilaku disiplin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase pola asuh yang memiliki rata-rata tertinggi adalah pola asuh demokratis yaitu sebesar 39.23%, (2) Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada ayah dari peserta didik RA Muslimat NU 9 Kota Malang menunjukkan hasil bahwa penerapan perilaku disiplin pada anak tergolong tinggi (3) Dari 125 responden dengan taraf signifikansi 5% dan r tabel sebesar 0.174 dapat diketahui bahwa r tabel lebih besar dari r hitung ( 0.174 > 0.089) dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh ayah dengan perilaku disiplin anak. Pola asuh demokratis lebih cenderung digunakan oleh ayah untuk membentuk perilaku disiplin anak.

 

Saran yang dapat diberikan (1) bagi peneliti selanjutnya agar lebih spesifik lagi dalam mengembangkan penelitian tentang pola asuh ayah, (2) bagi jurusan perlu memberikan sosialisasi tentang pola asuh khususnya ayah kepada lembaga-lembaga PAUD melalui seminar, (3) ayah peserta didik hendaknya menerapkan pola asuh sesuai dengan kebutuhan anak, dan (4) bagi lembaga RA RA Muslimat NU 9 hendaknya memaksimalkan program parenting yang sudah ada dengan memberikan sosialisasi kepada ayah tentang pola asuh agar ayah dari peserta didik berperan aktif dalam meningkatkan perilaku disiplin pada anak.