SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keberdayaan Masyarakat Desa Hutan dalam Pelaksanaan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat (PHBM ) di RPH Selorejo BKPH Kepanjen KPH Malang

Endah Setiyowati

Abstrak


ABSTRAK

Setiyowati, Endah. 2017. Keberdayaan Masyarakat Desa Hutan dalam Pelaksanaan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat (PHBM ) di RPH Selorejo, BKPH Kepanjen, KPH Malang, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Hambali, M.Pd.  (2) Edi Widianto, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Keberdayaan, Masyarakat Desa Hutan dan PHBM

Pemberdayaan sebagai suatu proses yang bertumpu kepada kemampuan masyarakat untuk mandiri dan berdaya, dalam pelaksanaanya pemberdayaan masyarakat telah banyak dihadapkan dengan berbagai tantangan keragaman karakteristik masyarakat dan permasalahan keberdayaan saat ini. Salah satunya adalah masyarakat desa hutan, yang bertempat tinggal dekat dengan hutan dan menggantungkan kebutuhan hidupnya pada sumberdaya hutan.

Fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan keberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan PHBM . Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dicatat ,dan diberi kode klasifikasi. Setelah itu data yang telah di reduksi disajikan kemudian dilakukan pengecekan keabsahannya. Setelah keseluruhan data terkumpul kemudian dilakukan analisis taksonomi.

Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa keberdayaan masyarakat desa hutan dalam pelaksanaan PHBM di RPH Selorejo memiliki beberapa perbedaan diantara keberdayaannya. Keberdayaan kesadaran kritis MDH di RPH Selorejo sudah cukup baik pada kalangan tertentu saja. Kemudian keberdayaan dalam kepemilikan akses informasi dan sumberdaya yang dimiliki MDH terbilang cukup dan terbatas namun merata diantara kalangan dan pihak yang terlibat. Keberdayaan dalam berpartisipasi sudah baik tertutama dalam pengelolaan lahan hutan hanya saja partisipasi dalma pengambilan keputusan masih kurang. Walau demikian keberdayaan dalam mendapatkan kesejahteraan telah didapatkan dari sumberdaya hutan yang dapat dikelola dengan optimal.

Saran yang diberikan kepada LMDH dari penelitian ini diharapkan untuk lebih kritis dalam menerima dan menyampaikan aspirasi dalam melaksanakan PHBM di desa pangkuan masing-masing. Untuk Perum Perhutani diharapkan informasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam memperbaiki pelaksanaan PHBM dan meningkatkan keberdayaan masyarakat. Untuk jurusan PLS diharapkan hasil informsi dari keberdayaan ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi dalam kaitannya dengan keberdayaan masyarakat. Serta untuk peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan penelitian tentang faktor-faktor keberdayaan.