SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kinerja Tutor dalam Pembelajaran Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Warga Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2016

Lailatul Mardiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiyah, Lailatul. 2017. Hubungan Kinerja Tutor dalam Pembelajaran Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Warga Belajar Keaksaraan Usaha Mandiri  di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2016, Skripsi, Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sucipto, M.S, (II) Drs. Nurhadi, M.Pd.

 

Kata kunci : kinerja tutor, minat berwirausaha

Kinerja tutor merupakan kemampuan seorang tutor dalam melaksanakan aktivitas secara menyeluruh terhadap pekerjaan yang merupakan tanggung jawab dan telah ditugaskan kepadanya. Minat berwirausaha adalah kecenderungan hati dalam diri seseorang untuk tertarik menciptakan suatu usaha yang kemudian menganalisis, mengorganisir, menanggung risiko dan mengembangkan usaha yang diciptakannya tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kinerja tutor keaksaraan usaha mandiri di sanggar kegiatan belajar kabupaten malang. (2) minat berwirausaha warga belajar di sanggar kegiatan belajar kabupaten malang. (3) hubungan kinerja tutor dengan minat berwirausaha warga belajar keaksaraan usaha mandiri di sanggar kegiatan belajar kabupaten malang.

Penelititian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar keaksaraan usaha mandiri yang telah lulus keaksaraan dasar. Jumlah sampel sebanyak 57 orang warga belajar yang diambil secara simple random sampling dari total 200 warga belajar keaksaraan usaha mandiri. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis korelasi rank spearman dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tutor dalam pembelajaran kewirausahaan dikatakan tinggi sebesar 50,17%, dan minat bewirausaha warga belajar dikatakan sangat paham sebesar 36,31%. Hasil uji hipotesis menunjukkan Rhitung 0,990 > Rtabel 0,261 dan alpha tabel 0,05 > alpha hitung 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja tutor dengan minat berwirausaha warga belajar.

 

Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada warga belajar agar selalu memiliki kemauan dan keinginan untuk terus belajar serta berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Bagi tutor keaksaraan usaha mandiri diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja dalam pembelajaran untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Bagi Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang, diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mencetak tenaga-tenaga pendidikan yang lebih aktif dan terampil.