SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengalaman Kerja Peserta terhadap Ketercapaian Tujuan Pelatihan RK/RAPB Koperasi di UPT Diklat Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur

Imam Badhowi

Abstrak


ABSTRAK

 

Badhowi, Imam. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengalaman Kerja Peserta terhadap Ketercapaian Tujuan Pelatihan RK/RAPB Koperasi di UPT Diklat Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono, M.Pd, dan (II) Dr. M. Ishaq, M.Pd.

 

Kata Kunci: motivasi belajar, pengalaman kerja, ketercapaian tujuan pelatihan RK/RAPB koperasi

Pelatihan RK/RAPB Koperasi merupakan pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT Diklat Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun dan mengevaluasi RK/RAPB Koperasi. Peserta pelatihan berasal dari pengurus dan anggota koperasi wanita di Jawa Timur. Peserta dalam pelatihan ini tentu mempunyai motivasi belajar serta pengalaman kerja sebelum mengikuti pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh peserta terhadap ketercapaian tujuan pelatihan RK/RAPB Koperasi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis regresi. Penelitian ini memilki tiga variabel, yaitu motivasi belajar (X1), pengalaman kerja (X2), dan ketercapaian tujuan pelatihan (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket yang ditujukan kepada peserta pelatihan sebagai responden penelitian dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta pelatihan RK/RAPB Koperasi sebanyak 30 peserta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu menggunakan semua populasi sebagai sampel penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pengalaman kerja peserta terhadap ketercapaian tujuan pelatihan RK/RAPB Koperasi yaitu dengan taraf signifikansi sebesar  0,000 dengan nilai Fhitung 24,828 > Ftabel 3,34 yang menyatakan bahwa hipotesis mayor H1 diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pengalaman kerja peserta terhadap ketercapaian tujuan pelatihan RK/RAPB Koperasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi ketercapaian tujuan pelatihan RK/RAPB Koperasi adalah variabel motivasi belajar (X1) yaitu sebesar 51%, sedangkan variabel pengalaman kerja (X2) mempengaruhi sebesar 35,9%. Berdasarkan data yang diperoleh juga diketahui bahwa motivasi belajar peserta mengikuti pelatihan karena pelatihan yang diselenggarakan sesuai dengan bidang pekerjaannya. Selain itu, dari deskripsi data tentang pengalaman kerja peserta diketahui bahwa kebanyakan peserta pelatihan telah bekerja di koperasi selama 22 sampai dengan 38 bulan atau sekitar 2-3 tahun serta peserta telah memiliki pengalaman dalam penyusunan RK/RAPB Koperasi.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pengalaman kerja peserta terhadap ketercapaian tujuan pelatihan RK/RAPB Koperasi. Apabila peserta memiliki motivasi belajar tinggi ditambah dengan pengalaman kerja di bidang koperasi, maka dalam pelaksanaannya tujuan pelatihan dapat tercapai secara optimal. UPT Diklat Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur hendaknya membentuk tim motivasi untuk memberikan motivasi kepada peserta sebelum pelatihan yaitu pada saat mengidentifikasi sasaran pelatihan di lapangan agar peserta pelatihan lebih yakin bahwa dengan mengikuti pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhannya baik kebutuhan kerja ataupun kebutuhan diri sendiri. Selain itu, untuk pelatihan yang berikutnya hendaknya Kasi Penyelenggara Diklat juga menyelenggarakan pelatihan untuk pengurus koperasi yang belum pernah menyusun RK/RAPB Koperasi agar mereka dapat menyusun RK/RAPB Koperasi, sedangkan bagi peserta pelatihan hendaknya mampu mempertahankan motivasi belajar dan pengalaman kerjanya yang sudah baik serta dapat menerapkan hasil dari pelatihan yang telah diikuti dalam koperasinya masing-masing.