SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh usia, tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan status keluarga terhadap hasil belajar peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasurua

erika masfufah

Abstrak


ABSTRAK

 

Erika, Masfufah. 2017. Pengaruh Usia, Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Status Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supriyono, M.Pd,

(II) Dr. Hardika, M.Pd

 

Kata Kunci: Pendidikan Luar Sekolah, UPT Pelatihan Kerja Pasuruan

UPT Pelatihan Kerja Pasuruan menerima peserta pelatihan dengan usia produktif yaitu mulai dari 15-50 tahun yang terdiri dari berbagai jenis tingkat pendidikan, dan status sosial yang berbeda-beda, karena peserta pelatihan mengikuti pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan dengan tujuan untuk menambah ketrampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia, tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan status keluarga terhadap hasil belajar peserta pelatihan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional karena menggunakan hubungan antara dua variabel. Adapun variabel pada penelitian ini antara lain: (1) Variabel bebas yang terdiri dari usia (x1), tingkat pendidikan (x2), pengalaman kerja (x3), dan status keluraga (x4), (2) Variabel terikat yaitu hasil belajar (y). Populasi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah semua peserta pelatihan gelombang I TA 2017 di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan yang terdiri dari 96 peserta. seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, dari 96 angket yang telah disebar, angket yang kembali ada 92. Dengan demikian sampel pada penelitian ini terdapat 92 responden.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data studi dokumen dan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan MS. Excel dan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara usia peserta pelatihan terhadap hasil belajar peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan, (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan peserta pelatihan terhadap hasil belajar peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan, (3) tidak terdapat  pengaruh yang signifikan antara pengalaman peserta pelatihan terhadap hasil belajar peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan, dan (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara status keluarga peserta pelatihan terhadap hasil belajar peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan.

 

Saran yang dapat diberikan adalah bagi peserta pelatihan karena memiliki rentang usia, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja yang berbeda-beda perlu mempertahankan minat dan motivasi dalam mengikuti pelatihan di UPT Pelatihan Kerja Pasuruan agar mendapatkan hasil belajar yang baik supaya berkompetensi pada kejuruan yang telah diikuti dan dapat bermanfaat sebagai bekal dalam mencari kerja.