SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TahapanPelaksanaanDiklatPemeriksaanKebuntinganbagi Non-AparaturKerjasama BIB Lembang di BalaiBesarPelatihanPeternakanBatu.

lia hamidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hamidah, Lia. 2017.TahapanPelaksanaanDiklatPemeriksaanKebuntinganbagi Non-AparaturKerjasama BIB Lembang di BalaiBesarPelatihanPeternakanBatu. Skripsi, Program StudiPendidikanLuarSekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ishaq, M.Pd, (II) Dr. Zulkarnain M.Pd

 

Kata Kunci: tahappersiapandiklat, tahappelaksanaandiklat, tahapevaluasidilat     

DiklatPemeriksaanKebuntinganbagi Non-AparaturKerjasama BIB Lembangini dilaksanakan di BalaiBesarPelatihanPeternakanBatu. Pelaksanaan DiklatPemeriksaanKebuntinganberbeda dengan pelaksanaan diklat di tempat lain sehingga hal tersebut menjadi dasar pemikiran peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap persiapan diklat, tahap pelaksanaan diklat, dan tahap evaluasi diklat.

Penelitianmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan (1) penelitimengumpulkan data  (2)pengkodean, (3)reduksi data, (4) ujikeabsahan data denganmelewatiempattahapantersebutpenelitimampumemaparkan data danmengambilkesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan memperpanjang waktu pengamatan atau penelitian, menggunakan bahan referensi,  dan mengadakan membercheck.

Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang tahapanpelaksanaan diklatpemeriksaankebuntinganbagi non-aparaturkerjasama BIB Lembangyaitu tahappersiapandiklat, tahappelaksanaandiklat, dantahapevaluasidiklat. Kegiatandalam persiapan diklat adalah merumuskan tujuan diklat, anggaran, mempersiapkan kurikulum, SK, materi, metode, media, peserta diklat, widyaiswara, dan sarana prasarana. Kegiatan dalam pelaksanaan diklat dimulai dari registrasi peserta diklat, pre test, upacara pembukaan, materi, metode, media yang digunakan, widyaiswara, peserta diklat, sarana dan prasarana, post test, upacara penutupan. Tahap evaluasi yaitu terdapat uji kompetensi, evaluasi daily mood peserta diklat, evaluasi perilaku dan sikap peserta diklat, evaluasi pemahaman materi peserta diklat, evaluasi penyelenggara diklat, evaluasi widyaiswara.

 

Saran dalam penelitian ini ditujukan bagi: (1) Pengelola diklatpada tahap persiapan diklat hendaknya mensurvey terlebih dahulu tempat pemahiran yang akan ditempati peserta diklat sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada peserta diklat. Pada tahap pelaksanaan diklat dapat dijadikan inovasi bagi diklat lainnya bahwa pelaksanaan diklat tidak harus dimulai dengan upacara pembukaan akan tetapi bisa dengan kegiatan dinamika kelompok dan pre test, pada tahap evaluasi diklat terdapat evaluasi dayli mood  bagi peserta diklat yang harus dipertahankan serta dapat dijadikan inovasi untuk pihak lain dalam mengevaluasi diklat, (2) Widyaiswara hendaknya mempertahankan dalam menerapkan model pembelajaran windows shopping.