SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Diklat Akuntansi Dasar di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur

Nadiah , Nadiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nadiah. 2017. Evaluasi Pasca Diklat pada Alumni Peserta Diklat Akuntansi Dasr di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supriyono, M.Pd, (II) Drs. Lasi Purwito, M.S

 

Kata Kunci: Diklat, Evaluasi Pasca Diklat

Pelaksanaan diklat yang diselenggarakan oleh UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur tidak lepas dari tahap evaluasi. Evaluasi pelatihan ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan program pelatihan dan sebagai acuan kepada pihak penyelenggara pelatihan diklat untuk menetapkan, menghentikan, memperbaiki, memodifikasi, memperluas, atau meningkatkan program diklat yang telah terlaksana. Hal yang menarik dan ingin diketahui peneliti dalam hal ini ini adalah bagaimana prosedur evaluasi pasca diklat yang ada dilembaga pelatihan dan diklat yaitu UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur khususnya pada hasil evaluasi pelaksanaan Diklat Akuntansi Dasar yang telah diselenggarakan oleh UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evalusi pasca diklat pada alumni peserta diklat akuntansi dasar yang telah dilaksanakan oleh UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur hal ini dilakukan untuk mengetahui ilmu yang didapat setelah mengikuti diklat diaplikasikan atau tidak hal ini dilakukan juga sebagai identifikasi kebutuhan peserta diklat agar nantinya dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan diklat berikutnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pada program pelatihan di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur. Dalam penelitian ini di gunakan metode pengumpulan data. Metode tersebut antara lain wawancara, observasi, dan studi  dokumentasi.

Dari hasil temuan penelitian dapat diketahui evaluasi pasca diklat alumni peserta diklat akuntansi dasar mulai dari proses evaluasi, hasil evaluasi dan dampak dari evaluasi. Pada proses evaluasi terdapat evaluasi peserta dalam bentuk pre test dan post test juga terdapat evaluasi pembelajaran di kelas dan pelayan selama mengikuti diklat di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur. Kemudian hasil dari hasil dari Diklat Akuntansi Dasar yang telah diselenggarakan dapat diketahui rekapitulasi nilai dari peserta mulai dari nilai pre test post tes, penilaian peserta terhadap pembelajaran, dan pelayanan selama mengikuti diklat yang kemudian setelah diketahui hasil dari evaluasi tersebut dapat dijadikan bahan perbaikan pada program diklat selanjutnya. Terakhir yaitu dampak, setelah diketahui proses dan hasil dari evaluasi Diklat Akuntansi Dasar yang telah diselenggarakan oleh UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur dapat diketahui dampak dari evaluasi. Dampak dari evaluasi tersebut ditindak lanjuti dengan adanya monitoring evaluasi pasca diklat yang dilaksanakan oleh UPT Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur dengan mendatangi alumni peserta. Setelah semua hasil evaluasi diketahui pihak UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur mengadakan perbaikan ataupun pengembangan.

 

Saran yang diberikan oleh peneliti untuk lembaga adalah di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur selain adanya evaluasi dalam bentuk kuesioner bisa ditambahkan evaluasi dilakukan secara komunikatif diakhir diklat dengan menanyakan kesan pesan, dan pendapat peserta mengenai pelayanan yang diberikan selama mengikuti Diklat di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur. Saran yang diberikan untuk jurusan adalah penelitian ini dapat dijadikan referensi jurusan sebagai pedoman untuk memperkuat penyelenggaraan pelatihan baik bagi akademisi maupun praktisi. UPT Diklat Koperasi dan UMKM merupakan lembaga yang dapat dijadikan rekomendasi mahasiswa dalam kegiatan belajar di lapangan karena sesuai dengan bidang kajian yang sedang dipelajari oleh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah konsentrasi Manajemen Pelatihan.