SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Parenting Day sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orangtua dan Anak di KB Al-Ghoniya

Dwi Wahyu Nurpitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurpitasari, Dwi Wahyu. 2017. Parenting Day sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orangtua dan Anak di KB Al-Ghoniya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wahyuni, M.Pd, (II): Edi Widianto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Parenting day, orangtua dan anak, hubungan.

 

Program-program parenting day yang dilaksanakan di KB Al-Ghoniya diantaranya yaitu workshop, father’s day, lomba peringatan 17 Agustus. Pentingnya keterlibatan orangtua dalam menentukan kesuksesan program parenting day sebagai upaya peningkatan hubungan orangtua dan anak maka perlu diperhatikan dalam setiap penyelenggaraanya serta manfaatnya. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai parenting day sebagai aktivitas peningkatan hubungan orangtua dan anak di KB Al-Ghoniya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menemukenali tentang (a) bagaimana ragam kegiatan parenting day?; (b) bagaimana keterlibatan orangtua pada kegiatan parenting day?; (c) dan bagaimana manfaat kegiatan parenting day terhadap upaya peningkatan hubungan orangtua dan anak di KB Al-Ghoniya? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.

Adapun subjek penelitian berjumlah 7 orang informan yang terdiri dari 3 orangtua dan 4 pendidik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kriteria kepercayaan dengan teknik pemeriksaan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kegiatan parenting day memiliki jenis yang beragam yaitu kegiatan parenting day yang dirancang (by design) seperti parenting class, cooking class, activity book dan kegiatan yang bersifat insidental (incidental) seperti peringatan 17 Agustus, fathers day, mothers day; (b) keterlibatan orangtua dalam kegiatan parenting day ada dua tipe, pertama orangtua yang terlibat penuh atau orangtua yang selalu aktif bersinergi dan melibatkan diri dalam kegiatan sekolah. Kedua adalah orangtua yang terlibat sebagian yaitu orangtua yang pasif atau jarang terlibat dalam kegiatan sekolah; (c) kegiatan parenting di KB Al-Ghoniya dapat memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan orangtua dalam mengasuh anak, meningkatkan perkembangan anak yaitu anak lebih percaya diri, dan prestasi dari sekolah yaitu memunculkan minat orangtua untuk menyekolahkan anaknya di KB Al-Ghoniya.

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diberikan yaitu (a) kepada orangtua, diharapkan selalu berpartisipasi dalam kegiatan parenting day, sehingga hubungan orangtua dan anak terjalin semakin baik; (b) kepada seluruh pengelola KB Al-Ghoniya, diharapkan dapat membuat strategi agar orangtua yang tidak hadir dalam kegiatan parenting day secara sukarela menghadiri kegiatan parenting day; (c) bagi peneliti lain, untuk penelitian selanjutnya sebaiknya penelitian dilakukan dengan metode penelitian yang lain misalnya dengan metode penelitian kuantitatif.