SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterlibatan Orangtua dalam Peningkatan Mutu Layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang

Astra Ari Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Astra Ari. 2017. Keterlibatan Orangtua dalam Peningkatan Mutu Layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Kepanjen Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Mutadzakir M. Pd. (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty. S, Pd. M, Pd.

 

Kata Kunci: keterlibatan orangtua, peningkatan mutu layanan, PAUD

 

Peningkatan mutu pendidikan khususnya pada PAUD tidaklah mudah. Sekolah dapat dikatakan bermutu jika melibatkan komponen-komponen lembaga seperti sekolah itu sendiri, kepala sekolah, pendidik, peserta didik, dan orangtua terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Keterlibatan orangtua dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas diri baik pihak lembaga atau orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali dan mendiskripsikan tentang keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan kegiatan peningkatan mutu layanan PAUD di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas Sengguruh Kepanjen Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun subyek penelitian 6 informan yang terdiri dari kepala sekolah, 2 pendidik, dan 3 orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan penulis dengan menggunakan teknik pengecekan data dengan derajat kepercayaan (credibility) dengan teknik pemeriksaan triangulasi metode dan sumber.

Pada penelitian menunjukkan hasil bahwa (1) Keterlibatan orangtua dalam kegiatan peningkatan mutu yang diadakan di Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas sangat beragam, seperti pemberian makanan sehat, kegiatan penghijauan, dan istighosah dan rapat bulanan; (2) Ada beberapa bentuk keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan program PAUD. Keikutsertaan orangtua Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas dalam meningkatkan kualitas sekolah seperti dalam hal penyediaan sarana prasarana, penyediaan dana, dan keaktifan kehadiran; (3) manfaat keterlibatan orangtua Sekolah Alam KB-RA Al-Ikhlas dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan memiliki pengaruh dan dampak yang positif bagi lembaga dan orangtua, seperti meringankan beban sekolah dan menambah wawasan orangtua.

Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini adalah: (1) bagi pengelola lebih meningkatkan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas layanan PAUD, (2) bagi orangtua untuk selalu mendukung dan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan sekolah, sedangkan (3) bagi peneliti lain hendaknya dalam meneliti keterlibatan orangtua dalam peningkatan mutu layanan PAUD lebih difokuskan pada manfaat bagi komponen-komponen sekolah baik itu pendidik, orangtua, peserta didik, ataupun masyarakat, sehingga terjadi keseimbangan manfaat yang didapat ketika terlibat dalam proses penyelenggaraan kegiatan.