SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Warga Belajar Tentang Kompetensi Kepribadian Widyaiswara Pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas Angkatan I di Balai Diklat Keuangan Malang

Intan Widia Rika

Abstrak


ABSTRAK

 

Rika, Intan Widia. 2017. Persepsi Warga Belajar Tentang Kompetensi Kepribadian Widyaiswara Pada Diklat Teknis Umum Tata Naskah Dinas Angkatan I di Balai Diklat Keuangan Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lasi Purwito, M.S., (II) Drs, Sucipto, M.S.

 

Kata Kunci: Persepsi warga belajar, Kompetensi kepribadian widyaiswara

 

Widyaiswara adalah tenaga fungsional dalam sebuah lembaga pendidikan yang harus memiliki kompetensi tertentu agar dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing bagi warga belajar. Salah satu kompetensi widyaiswara adalah kompetensi yang dapat mempengaruhi iklim pembelajaran, berupa kompetensi kepribadian yang akan nampak dalam pembelajaran dan dapat dijadikan teladan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan persepsi warga belajar tentang kompetensi kepribadian widyaiswara pada DTU Tata Naskah Dinas di Balai Diklat Keuangan Malang yang meliputi kepribadian yang mantap, stabil, dan dewasa; kepribadian yang arif dan berwibawa; kepribadian yang menjadi teladan; serta kepribadian berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif untuk mendiskripsikan sebuah fenomena yang berkaitan dengan variabel penelitian. Penelitian deskriptif yang dilakukan berkaitan dengan persepsi warga belajar terhadap kompetensi kepribadian widyaiswara yang ideal di Balai Diklat Keuangan Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket tertutup kepada seluruh peserta DTU Tata Naskah Dinas Angkatan I Tahun 2017 yang berjumlah 27 peserta. Analisis data menggunakan MS Excel dan SPSS for windows ver. 16.

Hasil penelitian (1) kepribadian widyaiswara yaitu kepribadian yang mantap. stabil, dan dewasa memiliki presentase 91,60% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik; (2) kepribadian yang arif dan berwibawa ini memiliki presentase 89,26% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik; (3) kepribadian yang menjadi teladan ini memiliki presentase 92,22% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik; serta (4) kepribadian yang berakhlak mulia memiliki presentase 90,19% dinyatakan dengan kualifikasi sangat baik. Menurut peserta DTU Tata Naskah Dinas Angkatan I Tahun 2017 di Balai Diklat Keuangan Malang Kompetensi kepribadian widyaiswara memiliki kualifikasi sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada Balai Diklat Keuangan Malang, diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber data untuk memanfaatkan kompetensi kepribadian widyaiswara semaksimal mungkin. Bagi widyaiswara di Balai Diklat Keuangan Malang, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bahwa kompetensi kepribadian yang sudah sangat baik dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik, social, dan professional. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang berhubungan dengan kompetensi kepribadian widyaiswara yang tentunya semakin memperkaya bahasan terkait dengan kompetensi kepribadian widyaiswara.