SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Program Pasuruan Sebagai Kota Layak Anak (Studi Kasus Penguatan Hak Anak Sebagai Wujud Pembangunan Daerah)

Monica Widyaswari

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyaswari, Monica. 2017. Program Pasuruan Sebagai Kota Layak Anak (Studi Kasus Penguatan Hak Anak Sebagai Wujud Pembangunan Daerah). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Umi Dayati, M.Pd., (II) Dr. Hardika, M.Pd.

 

Kata Kunci: KLA (Kota Layak Anak), pembangunan daerah, Kota Pasuruan

 

KLA (Kota Layak Anak) adalah sistem pembangunan daerah melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Dalam hal ini pengasuhan untuk memenuhi hak anak tidak hanya didukung dari pihak orangtua dan keluarga, namun diperlukan dukungan dari pihak pemerintah dan masyarakat untuk diakomodir oleh kota. Berkaitan dengan hal ini, maka peneliti melakukan penelitian terkait program KLA di Kota Pasuruan. Kota Pasuruan menjadi setting penelitian, sebab telah mengembangkan kota layak anak sejak tahun 2011.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan terkait pengelolaan program KLA di Kota Pasuruan dan bentuk-bentuk program KLA sebagai wujud pembangunan daerah di Kota Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam hal ini, peneliti adalah instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk keabsahan data dilakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, aktivitas manajemen atau pengelolaan yang dilakukan oleh Kota Pasuruan mencakup lima tahap yaitu: (a) perencanaan program; (b) pengorganisasian pihak-pihak yang terlibat; (c) pengomandoan terkait kebijakan dan pengarahan pemerintah; (d) pengoordinasian sumber daya; dan (e) pengendalian program. Kedua, bentuk program KLA juga menjadi bagian dari upaya pembangunan daerah. Program-program tersebut disesuaikan dengan kluster dan indikator KLA. Berikut beberapa program KLA yang dilaksanakan: (1) memperkuat kelembagaan; (2) hak sipil dan kebebasan; (3) hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; (4) hak kesehatan dasar dan kesejahteraan; (5) hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; dan (6) hak perlindungan khusus.

Saran terkait penelitian berikut ditujukan untuk Kota Pasuruan agar memperkuat kelembagaan, meningkatkan kemitraan, memperluas sosialisasi KLA, dan meningkatkan pelayanan serta fasilitas ruang publik. Untuk jurusan PLS (Pendidikan Luar Sekolah) yaitu hasil penelitian berikut dapat dikembangkan menjadi bagian dari kajian ilmu PLS. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan topik penelitian berikut untuk meninjau program KLA daerah lain atau meneruskan penelitian berikut sesuai dengan perkembangan.