SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Buku Saku Pendidikan Ramah Anak (Kuku Perak) sebagai Media Penyuluhan Pendidikan Keluarga di KB-TK Islam Plus Qurrota A’yun Ceria Kota Malang

Hafidhatul Khoiriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoiriyah, Hafidhatul. 2017. Implementasi Buku Saku Pendidikan Ramah Anak (Kuku Perak) sebagai Media Penyuluhan Pendidikan Keluarga di KB-TK Islam Plus Qurrota A’yun Ceria Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd, (II) Dr. Zulkarnain Nasution, M.Pd, M.Si

Kata Kunci: Kuku Perak, media penyuluhan, pendidikan keluarga

 

Kuku Perak merupakan singkatan dari buku saku pendidikan ramah anak. Kuku Perak berisi materi pendidikan ramah anak usia dini antara lain: mendidik anak dengan kasih sayang, pendidikan tanpa diskriminasi, pendidikan tanpa kekerasan, tumbuh kembang anak, dan hak-hak anak. Sasaran dari penggunaan media pembelajaran ini adalah guru dan orangtua dari peserta didik PAUD.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberfungsian dan keterserapan materi buku saku pendidikan ramah anak (Kuku Perak) sebagai media penyuluhan pendidikan keluarga. Populasi penelitian ini yaitu orangtua peserta didik KB-TK Islam Plus Qurrota A’yun Ceria Kota Malang dengan sampel sebanyak 40 orangtua. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian  kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert, tes pilihan ganda dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus persentase dan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian keberfungsian Kuku Perak dari aspek memberi arahan, memperjelas penyajian pesan, memotivasi, menyajikan informasi dan mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera diperoleh persentase sebesar 88,6% yang termasuk ke dalam rentangan kategori sangat tinggi. Keterserapan materi Kuku Perak dinyatakan termasuk dalam rentangan  kategori sangat tinggi dengan perolehan nilai 90-100 oleh sejumlah 24 responden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kuku Perak dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pendidikan keluarga atau parenting education dengan keunggulan antara  lain: jenis huruf yang mudah dibaca, bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, warna menarik, ukuran kertas mudah dibaca, dan gambar mendukung pesan materi yang disampaikan, ukuran huruf yang sesuai dengan usia sasaran sehingga mempermudah orangtua untuk menyerap materi yang disampaikan Kuku Perak.

Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan: (1) bagi orangtua, dapat memanfaatkan dan menerapkan materi yang disajikan dalam Buku Saku Pendidikan Ramah Anak (Kuku Perak) dalam kehidupannya, (2) bagi lembaga, dapat menindaklanjuti program Buku Saku Pendidikan Ramah Anak (Kuku Perak) yang telah dikembangkan oleh peneliti yang dapat dimanfaatkan sebagai peningkatan layanan parenting education di lembaga.