SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Taman Penitipan Anak Ideal sebagai Layanan Pengasuhan Anak Usia Dini (Studi Kasus di Taman Penitipan Anak As Salam Kota Malang)

Noviyanti .

Abstrak


ABSTRAK

Noviyanti. 2017. Profil Taman Penitipan Anak Ideal sebagai Layanan Pengasuhan Anak Usia Dini (Studi Kasus di Taman Penitipan Anak As Salam Kota Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wahyuni, M.Pd, (II) Edi Widianto, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Profil, Taman Penitipan Anak Ideal, Pengasuhan

           Taman penitipan anak merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang diperuntukkan sebagai tempat pengasuhan alternatif bagi anak yang ditinggalkan orangtua bekerja. Kamanan dan kenyamanan yang menjadi kebutuhan anak selama proses pengasuhan menjadi kebutuhan bagi orangtua, sehingga orangtua memiliki harapan tentang pengasuhan yang sesuai untuk anaknya. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menemukenali dan mendeskripsikan tentang keidealan taman penitipan anak menurut perspektif orangtua.

           Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengunakan triangulasi sumber dan metode. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data.

           Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, temuan penelitian yang diperoleh adalah bahwa TPA ideal yang diharapkan orangtua meliputi empat aspek yaitu, pertama, terkait dengan keadaan lokasi lembaga yaitu lokasi yang layak dan nyaman. Kedua, terkait jenis layanan peserta didik yaitu jenis layanan yang berorientasi kepada tumbuh kembang anak. Ketiga, terkait dengan kelengkapan sarana prasarana yaitu sarana prasarana lengkap dan memadai. Keempat, kualifikasi akademik dan kompetensi pengasuh yaitu pengasuh yang berkompeten dan berkarakter.

           Saran yang diberikan adalah hasil penelitian ini yaitu dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki kekurangan dalam pengelolaan TPA yaitu sebaiknya memberikan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan orangtua, dapat bermanfaat untuk memperbaiki kekurangan dalam prses pengasuhan yang sebaiknya disesuaikan dengan standard penyelenggaraan TPA, dan dapat digunakan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat penyelenggaraan TPA ideal terhadap perkembangan anak.